Saturday, May 4, 2024

Pertamina Masuk Forture 500 Berkat Transformasi Bisnis

 Dalam kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian, PT Pertamina (Persero) berhasil membuktikan ketangguhannya dengan meraih posisi puncak Fortune Indonesia 100. Perjalanan menjadi perusahaan terbesar pada 2023 ini tidak terlepas dari berbagai inovasi dan strategi adaptif yang diterapkan perseroan untuk menghadapi tantangan zaman.

Menteri BUMN, Erick Thohir, secara umum memberikan apresiasi terhadap kinerja BUMN hingga saat ini. Ia pun bersyukur karena 19 BUMN berhasil masuk dalam daftar 100 perusahaan dengan pendapatan terbesar versi Fortune Indonesia.

"Ini menunjukkan BUMN memiliki peran penting sebagai lokomotif penggerak ekonomi Indonesia," ujarnya melalui akun instagram @erickthohir

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan Pertamina terus mencatatkan kinerja positif sejalan dengan program transformasi perusahaan yang berjalan sejak 2020.

"Pertamina berupaya terus bergerak adaptif menjawab tantangan zaman dan mengoptimalkan peluang bisnis masa depan," katanya dalam keterangan tertulis.

Ia menambahkan, kinerja positif Pertamina didukung semua lini bisnis Perusahaan, baik Subholding maupun Anak Perusahaan. Alhasil, sepanjang 2023 perseroan mencatat kinerja terbaik.

"Kinerja positif Pertamina ditopang oleh transformasi digitalisasi dan inovasi riset teknologi serta operasional perusahaan yang lebih efisien," imbuh dia.

Sebagai informasi, sebelumnya Pertamina telah dinobatkan sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang mampu bersaing di jajaran perusahaan dunia pada peringkat 165 Fortune 500 Global pada 2024.

Hal ini membuktikan Pertamina konsisten dalam 10 tahun berada di jajaran perusahaan global. Pertamina juga tercatat berada di peringkat ke-3 Fortune Asia Tenggara pada 2024.

No comments:

Post a Comment