Friday, August 16, 2024

Shopee Indonesia Rayakan HUT RI 79 Dengan Diskon Mendukung UMKM

  Shopee Indonesia mencatat mayoritas pelaku usaha yang ada di platform belanja online-nya adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Sampai tahun lalu (2023) itu, 84 persen pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan Brand Lokal," ujar Direktur Bisnis Shopee Indonesia Putri Lukman dalam Media Gathering

Selain itu, Shopee juga mencatat bahwa 93 persen transaksi di dominasi oleh produk dalam negeri yang diproduksi oleh UMKM. Pada 2023, jumlah pelaku UMKM dan Brand Lokal yang bergabung dengan Shopee Indonesia lebih dari 500 ribu.

Perusahaan, sambung Putri, terus berkomitmen membantu pelaku UMKM berkembang dan naik kelas.

"Tidak hanya itu, hadirnya fitur serta program seperti Shopee Pilih Lokal, merupakan bentuk nyata dukungan untuk memberikan panggung terhadap pelaku usaha lokal serta menambah eksposur bagi banyak produk lokal unggulan. Inovasi ini pun berhasil mencatatkan lebih dari 29 juta kunjungan laman Shopee Pilih Lokal selama paruh pertama 2024," jelasnya.

Selain itu, tahun ini, perusahaan juga menggelar program khusus yakni Festival Pilih Lokal yang bertujuan mengajak pengguna untuk merayakan kemerdekaan dengan produk buatan dalam negeri.

"Shopee bangga dapat menemani masyarakat merayakan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-79, terutama dengan produk lokal," ujarnya.

Dalam acara yang bertajuk 'Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee', Shopee juga mengundang Prilly Latuconsina, Dara Sarasvati, serta brand lokal MINE Perfumery untuk berbagi kisah inspiratif mereka dalam mengisi momen kemerdekaan melalui peran yang beragam.

Bagi Prilly, dengan memahami dan mencintai kearifan lokal dapat menjadi langkah awal untuk berkontribusi melestarikan nilai budaya lokal di tengah era digital. Sadar akan perannya sebagai aktor dan public figure, Prilly semakin konsisten terlibat dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian budaya lokal.

Tidak hanya melalui perannya dalam film, tetapi juga bagaimana Prilly berhasil mengemas karya-karya film yang diproduksinya untuk dapat mempromosikan nilai luhur kebudayaan.

"Dalam merayakan semangat lokal, aku sendiri memiliki berbagai cara. Baik secara profesional serta sebagai pribadi aku. Berkolaborasi memperkenalkan keindahan destinasi wisata Indonesia, membangun gerakan kolektif yang sadar akan isu sosial dan budaya hingga memperkenalkan bahasa ataupun adat melalui pakaian saat film ku ditampilkan pada festival Internasional," kata Prilly.

Sedangkan, Ceo Mine Shan Felita mengatakan sangat terbantu dengan adanya Shopee, terutama layanan Shopee Live. Sebab, itu membuat penjualannya meningkat tajam karena pengguna bisa langsung berinteraksi dengan penjual untuk mengetahui lebih jelas produk yang ingin dibeli.

"Shopee Live sendiri saat ini banyak menarik perhatian konsumen dan memberikan pengaruh signifikan. Salah satunya terlihat pada puncak kampanye 8.8 kemarin, Mine Perfumery mengalami peningkatan pesanan hingga 17 kali lipat dibandingkan hari biasa. Dampak signifikan ini dipengaruhi oleh peran Shopee Live yang menawarkan kemudahan bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan para konsumen," jelasnya.

Sementara, Content Creator Dara Sarasvati mengatakan sangat terbantu oleh Shopee terutama layanan Shopee Mall dalam memenuhi kebutuhannya dalam berkarya. Sebab, hampir 80 persen produk yang digunakan untuk membuat konten dibeli di Shopee.

"Shopee selama ini sangat membantuku dalam memenuhi berbagai kebutuhannya dalam berkarya, mulai dari fitur Shopee Mall, yang memberikan pengalaman belanja yang sangat nyaman dan aman dengan jaminan produk 100 persen ori. Aku juga gemar mencari ragam inspirasi fashion dan beauty terbaru melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment