Monday, November 7, 2011

Brazil Menolak Untuk Membantu Atasi Krisis Zona Euro

Brazil telah mengesampingkan pembelian obligasi Eropa untuk membantu menyelamatkan negara zona euro dan hanya akan memberikan bantuan melalui dana yang dikelola IMF, menteri luar negeri negara itu mengatakan.

Para pemimpin Eropa telah mempertimbangkan meminta bantuan negara-negara berkembang seperti China dan Brazil dengan membeli obligasi euro, namun Menteri Keuangan Guido Mantega mengatakan Brazil tidak akan mengambil bagian dalam upaya tersebut.

"Saya berpikir bahwa negara-negara Eropa tidak perlu dana Brazil untuk membeli obligasi tersebut," kata Mantega Selasa malam.

"Brazil tidak memiliki niat untuk melakukan itu," katanya.

Zona euro ingin memperbesar 440-miliar euro (610 miliar dolar AS) dana penyelamatan untuk meyakinkan pasar bahwa pihaknya memiliki alat untuk melindungi negara-negara yang sangat terbebani utang seperti Italia.

Beberapa negara berkembang terkemuka, termasuk Rusia, China dan sekarang Brazil, telah mengatakan mereka akan membantu negara-negara zona euro dengan berkontribusi untuk mendanai melalui Dana Moneter Internasional (IMF).

Kanselir Jerman Angela Merkel, Rabu mengatakan, kelemahan dalam euro harus ditangani sekarang atau tidak pernah, saat ia meraih dukungan parlemen yang luas sebelum KTT penting Uni Eropa untuk mengatasi krisis utang zona euro.

No comments:

Post a Comment