Wednesday, August 28, 2013

Chairul Tanjung Membeli VIVA Seharga 2 Milyar Dollar Amerika

Chairul Tanjung atau CT akhirnya mengonfirmasikan akan membeli PT Visi Media Asia Tbk atau VIVA (IDX: VIVA).

Menurut catatan  VIVA merupakan perusahaan media Bakrie Group yang mengelola stasiun televisi TVOne, ANTV, televisi berlangganan Sport One, dan portal berita Viva.co.id. "Kami adalah salah satu penawar utama," kata CT kepada Reuters.

Chairul Tanjung, bos CT Corp, mengatakan hendak membeli VIVa seorang diri, tanpa partner, dengan dana cash. "Kami mengajukan proposal untuk membeli seluruhnya...kantong saya masih dalam," ujar miliuner berusia 51 tahun ini di sebuah resort di Bali, usai menghadiri pertemuan dengan Presiden dan kabinet.

Dengan pembelian itu, CT Corp akan menjadi raja media. Di bidang politik, CT dikenal sebagai salah satu penasihat ekonomi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat ini, CT Corp mengelola Trans TV dan Trans 7 (kerja sama dengan Kompas Gramedia). Sebelumnya, CT Corp membeli saham portal berita Detik.com.

CT mengatakan, ia akan mencairkan pinjaman baru untuk membeli saham media milik Grup Bakrie itu. Namun ia menolak mengatakan berapa nilai yang akan ia pinjam. Sumber-sumber Reuters mengatakan, Bakrie menawarkan 51% saham VIVA yang dikuasainya melalui kendaraan CMA Indonesia. Proses penawaran VIVA sudah berjalan selama tiga bulan, dengan para penawar antara lain Grup MNC dan CT Corp.(*)

Menurut sumber lainnya, Bakrie akan menggunakan uang hasil penjualan VIVA untuk mendanai buy back aset batubaranya dari Bumi Plc. Bakrie memasang valuasi VIVA antara US$ 1,2 miliar-US$ 2 miliar. Padahal, kapitalisasi pasar VIVA hanya sekitar US$ 800 juta. Sumber-sumber Reuters berkata bahwa penjualan saham VIVA bisa mencapai US$ 1,8 miliar.

No comments:

Post a Comment