Tuesday, September 3, 2013

Indofood Berencana Ambil Alih China Minzhong Senilai 699 Milyar Rupiah

PT Indofood Sukses Makmur Tbk.(INDF) berencana untuk mengambil alih saham China Minzhong Food Corp.Ltd. Pada awal tahun lalu, Indofood baru saja merogoh dana senilai lebih dari US$ 85 juta atau setara dengan 14,4 persen saham perusahaan asal Cina tersebut. Setelah pembelian tersebut saham kepemilikan Indofood menjadi yang terbesar dengan porsi 29,3 persen.

"Perseroan telah menyampaikan surat kepada CMFC perihal kemungkinan penawaran tender terhadap saham CMFC,"kata Sekretaris Korporat Indofood, Werianty Setiawan seperti dikutip dari keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Senin 2 September 2013.

Atas rencana tersebut, CMFC yang tercatat di Bursa Efek Singapura telah menyampaikan permohonan penghentian sementara perdagangan sahamnya pukul 08,30 waktu setempat. Untuk diketahui, berdasarkan riset Glaucus Research, Minzhong diduga telah melakukan penipuan kepada supplier terbesar mereka. Akibatnya, nilai pasar Minzhong merosot ke angka US$ 272 juta pada pekan lalu.

Indofood yang dimiliki oleh taipan Anthoni salim ini diketahui siap merogoh kocek senilai SG$ 383 juta untuk mengambil alih Minzhong. Harga per saham yang ditawarkan yakni SG$ 1,12 per lembar saham.

Indofood juga dikatakan akan membeli 25,6 juta lembar saham yang akan membuat kepemilikan saham Indofood menjadi 33,5 persen."Indofood memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan penawaran itu,"kata perwakilan Indofood seperti dilansir dari Bloomberg hari ini.

Adapun Minzhong menanggapi laporan Glaucus menyatakan, Glaucus telah sengaja membuat laporan yang bertujuan untuk membuat kepanikan dan memberikan kerugian besar kepada perusahaan untuk kepentingan mereka sendiri.

Grup Indofood menandatangani perjanjian penyertaan saham dengan China Minzhong Food Corporation (CMFC). Dalam perjanjian itu, Indofood menguasai 14,95 persen saham perusahaan pengolahan sayuran asal Cina yang tercatat di bursa Singapura.

Berdasarkan perjanjian penyertaan itu, CMFC akan menerbitkan saham baru sebanyak 98 juta lembar dengan harga Rp 1.521 atau US$ 0,195 per lembar saham. Kemudian, Indofood akan mengakuisisi sekitar 14,95 persen dari total penerbitan saham baru tersebut.

Perjanjian ini sejalan dengan tujuan kami untuk terus mengejar pertumbuhan,รข€ kata Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan CEO Indofood, Anthoni Salim, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia akhir pekan lalu.

Perseroan mendapatkan potongan harga 9,93 persen untuk harga penyertaan saham CMFC dari US$ 1,0159 atau Rp 7.924 menjadi US$ 0,915 atau setara Rp 7.137 per lembar. Sedangkan total nilai yang akan dibayarkan Indofood untuk penyertaan saham baru adalah US$ 89,67 juta atau Rp 699,43 miliar.

No comments:

Post a Comment