Pergelaran mudik selalu terkait dengan trik-trik bisnis untuk memperkenalkan sekaligus makin menguatkan merek garapan para pelaku bisnis tersebut. Catatan Kompas.com menunjukkan, tiap tahun perusahaan yang menyelenggarakan aksi mudik bertambah. Setidaknya, hingga Selasa (9/8/2011), ada sepuluh perusahaan yang ikut ambil bagian dalam acara mudik antara lain Bank BRI, Honda Motor, Yamaha Motor, XL Axiata, Indofood, dan Holcim Indonesia.
Sementara itu, sebagaimana disampaikan Presiden Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, kemarin, pihaknya akan menggelar mudik gratis yang ke-22 pada Kamis (25/8/2011). Menurut Irwan, penyelenggaraan mudik ini adalah yang ke-22 kali sejak penyelenggaraan pertama pada 1991. Awalnya, kegiatan mudik yang disokong oleh produk Kuku Bima Ener-G ini hanya untuk para pedagang jamu bersama keluarganya. Namun, seiring waktu berjalan sejak tahun 2004 bersamaan dengan adanya divisi baru, yakni divisi food di Sido Muncul, mudik gratis juga diikuti oleh pedagang asongan yang menjual produk-produk Sido Muncul.
Alhasil, terang Lina, dengan trik seperti itu, nama produk memang makin kuat dikenal khalayak banyak. "Brand memang semakin kuat," katanya.
Lebih lanjut, Linawati menerangkan, lantaran trik seperti itu, pihaknya terhitung berhasil menjual hingga 1,8 miliar bungkus Kuku Bima Ener-G hingga Agustus 2011. Meski diakui, pada masa puasa Ramadhan, penjualan minuman berenergi biasanya mengalami penurunan hingga 20 persen. "Soalnya, selain waktu orang minum berkurang, minuman berenergi bukanlah minuman utama saat orang berbuka puasa," katanya.
Berangkat dari situlah, pihaknya memang membuat strategi agar penjualan tidak turun drastis. "Caranya banyak, termasuk penyelenggaraan mudik," katanya.
No comments:
Post a Comment