Monday, August 1, 2011

Pendapatan Water Byur Kabupaten Bantul Rp42 Juta Dalam Sehari

Pendapatan dari penjualan tiket pengunjung wisata air "water byur" Tirta Tamansari di Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan mencapai Rp42 juta dalam sehari saat berlangsung tradisi "padusan", sehari menjelang Ramadhan.

Pengelola taman wisata air Tirta Tamansari Bantul Dyah Novi di Bantul, Senin, mengatakan, pendapatan dari penjualan tiket saat "padusan" atau tradisi membersihkan diri dengan cara mandi sebesar itu, untuk sekitar 7.000 pengunjung selama sehari pada Minggu (31/7) lalu.

"Kami memang menargetkan kunjungan sebanyak 7.000 orang saat `padusan`, dengan tiket seharga Rp6.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk paket mandi di kolam renang, dan bermain di `water byur`," katanya.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan hari biasa, pendapatan itu melonjak drastis, karena pada hari biasa jumlah pengunjung hanya 200 hingga 300 orang sehari, dengan pendapatan Rp1,2 juta.

"Khusus untuk tradisi `padusan`, kami membuka wisata air lebih lama atau mulai pukul 06.30 hingga pukul 17.30 WIB, sedangkan pada hari biasa dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan pendapatan dari penjualan tiket saat "padusan" menjelang Ramadhan 2011 lebih besar jika dibandingkan dengan Ramadhan tahun lalu, karena pengunjungnya sebanyak 6.000 orang.

"Padusan tahun lalu tidak bertepatan dengan hari libur, kalau tidak salah Jumat, berbeda dengan padusan tahun ini yang bertepatan dengan hari libur yaitu Minggu, sehingga pengunjung lebih banyak," katanya.

Dyah mengatakan pada awal Ramadhan 2011 pihaknya tidak menerima kunjungan yang ingin berwisata air selama tiga hari, karena waktu tersebut akan dimanfaatkan untuk membersihkan dan menguras kolam renang.

"Kami setidaknya butuh waktu tiga hari untuk membersihkan, menguras hingga mengisi kolam, dan wisata air akan siap dibuka kembali pada Kamis mendatang," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, pada Ramadhan jumlah pengunjung akan menurun drastis, atau hanya 20 hingga 30 orang, yang sebagian besar anak-anak.

"Saat Ramadhan, wisata air sedikit pengunjung, namun sepekan menjelang Lebaran biasanya mulai meningkat, dan melonjak lagi pada libur Lebaran," katanya.

Menurut dia, Tirta Tamansari Bantul berada di tanah seluas 1,5 hektare yang terdiri atas tiga kolam, yakni satu kolam kecil untuk anak-anak, kolam besar untuk remaja hingga dewasa, dan kolam "water byur".

"Untuk penjagaan di sekitar pantai, kami melibatkan tiga orang `safety guard` pada hari biasa, namun jika bertepatan dengan `padusan` atau hari libur, ditambah menjadi delapan hingga 15 orang," katanya

No comments:

Post a Comment