Pameran Teknologi Informasi (TI) skala internasional bertajuk Indonesia International Communication Expo & Conference (ICC) 2011 yang dirangkai dengan Festival Komputer Indonesia 2011 pada 8-12 Juni 2011 ditargetkan dapat meraup transaksi hingga Rp600 miliar.
"Pameran ini membidik target pengunjung sebanyak 250 ribu orang dan transaksi sebesar Rp600 miliar," kata GM IT Division Dyandra Promosindo, Bambang Setiawan, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.
Ia mengatakan, pameran yang akan digelar di Jakarta Convention Center itu dilatarbelakangi pesatnya pertumbuhan industri teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia.
Bambang mencontohkan jumlah pelanggan ponsel per-31 Desember 2010 menunjukkan peningkatan progresif, yaitu mencapai 240 juta pelanggan.
"Selain itu, jumlah pengguna internet diperkirakan akan mencapai 45 juta orang, yang mewakili 20 persen dari total penduduk negara," katanya.
Jejaring media sosial juga meningkat drastis, memungkinkan orang untuk terhubung selama 24 jam.
"Indonesia memasuki urutan ke-4 terbesar pengguna Twitter dan urutan ke-2 terbesar pengguna Facebook di dunia, dengan 35 juta pengguna. Tidak diragukan lagi, angka ini masih terus akan meningkat," katanya.
Bambang Setiawan, menambahkan kolaborasi pameran ICC dan FKI itu bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap ICT, mulai dari kebutuhan akan produk TI sampai selular.
"Dengan kolaborasi ini, diharapkan para pengunjung juga menjadi lebih terpuaskan karena beragam informasi dan produk ICT dapat ditemukan di sini," tambah Bambang.
Pameran TI awal tahun terbesar yakni Mega Bazaar Computer 2011 ditargetkan mampu meraup transaksi hingga Rp600 miliar sepanjang lima hari penyelenggaraan pada 9-13 Maret 2011.
"Kami memperkirakan akan terjadi transaksi senilai Rp600 miliar dalam Mega Bazaar Computer kali ini," kata GM IT Division Dyandra Promosindo, Bambang Setiawan, di Jakarta, Rabu.
Pihaknya yang menjadi penyelenggara acara tersebut memperkirakan total transaksi sejumlah itu akan terjadi lantaran besarnya minat masyarakat untuk berkunjung pada pameran.
Tahun lalu, pameran serupa yakni Mega Bazaar Computer 2010 (MBC2010) berhasil menyedot 187 ribu pengunjung dengan total transaksi Rp178 miliar.
"Untuk tahun ini kami memperkirakan jumlah pengunjung akan mencapai lebih dari 200.000 orang," katanya.
Angka itu, bahkan menurut dia belum termasuk transaksi jangka panjang yang terjadi di luar pameran.
MBC 2011 resmi digelar mulai Rabu (9/3) serentak di enam kota besar di Indonesia termasuk Jakarta.
Sejumlah vendor ternama di bidang IT menjadi peserta pameran di antaranya Acer, Canon, Sony, Toshiba, Asus, Dell, Axio, dan HP. Operator telekomunikasi yang turut serta di antaranya Telkom dan Indosat.
Sebanyak lebih dari 200 peserta yang merupakan produsen teknologi terkemuka berpartisipasi dalam acara tersebut.
"MBC 2011 juga akan diikuti oleh berbagai produk pendukung industri IT seperti produk komponen, aksesoris, serta produk jasa lainnya," katanya.
Di Jakarta, MBC 2011 digelar di JCC pada 9-13 Maret 2011. Sedangkan di kota lain yakni di Bandung digelar di Graha Manggala Siliwangi, Semarang di Jawa Ball dan DP Mall, Yogyakarta di Jogja Expo Center, Surabaya di Grand City Convex, dan Makassar di Celebes Convention Center.
Khusus di Jakarta, MBC 2011 akan berlangsung bersamaan dengan Jakarta Games Show dan Focus 2011.
Berbagai kompetisi games tingkat nasional akan digelar dirangkai dengan kompetisi fotografi bergengsi.
Tiket masuk pengunjung pada Rabu-Jumat seharga Rp5.000 sedangkan untuk Sabtu-Minggu tarifnya naik menjadi Rp15.000/orang.
No comments:
Post a Comment