Perusahaan minyak milik negara Meksiko, Senin mengatakan, telah menerima sebuah rig laut dalam dari Korea Selatan untuk mengebor potensi cadangan di Teluk Meksiko.

Platform (anjungan) seluas 110 meter (yard) itu yang dapat membor di perairan berkedalaman lebih dari 3.000 meter (sekitar 10.000 kaki), tiba Sabtu di pelabuhan timur Meksiko, Tuxpan dan akan beroperasi mulai Juni.

Platform, di sewa selama lima tahun, akan memulai proyek dengan total kedalaman pengeboran hingga 5.000 meter, sebuah pernyataan perusahaan mengatakan.

Sebuah ledakan di rig-BP yang disewa Deepwater Horizon di Teluk Meksiko AS tahun lalu menewaskan 11 pekerja, menyebabkan jutaan barel minyak tumpah ke laut dan meninggalkan perusahaan Inggris dengan biaya kompensasi yang besar.

Setelah tumpahan, Washington memberlakukan moratorium pengeboran laut dalam di Teluk Meksiko, yang diangkat pada Oktober.

Pemex mengatakan para ahli asing akan membantu teknisi Meksiko mengoperasikan platform baru, karena Meksiko bergabung dengan perlombaan untuk cadangan di laut dalam dan lebih berbahaya.

Produksi minyak mentah Meksiko stabil pada 2010 -- ketika itu jatuh sedikit menjadi sekitar 2,5 juta barel per hari -- setelah turun selama bertahun-tahun.

Minyak adalah sumber utama pendapatan luar negeri Meksiko, memberikan kontribusi sekitar 40 persen dari pendapatan pemerintah.