Tuesday, February 2, 2016

Toyota Kuasai Pasar Pasar Otomotif Dunia 4 Tahun Berturut Turut Setelah Jual 10 Juta Mobil

Toyota masih tercatat sebagai merek mobil paling laris di dunia, bahkan dalam empat tahun berurut-turut. Tahun lalu, pabrikan ini berhasil melego kendaraan bermotor sebanyak 10.151.000 unit. Seperti dilaporkan Autoevolution, Toyota masih mengungguli merek asal Jerman, Volkswagen (VW) yang menjual 9.930.000 unit dan General Motors (GM) yang melego 9,8 juta unit. Sepanjang semester pertama 2015, VW memang sempat menyisihkan Toyota dalam penjualan.

Namun, laju penjualan VW melambat setelah pada September tersengat skandal uji emisi mesin diesel. Dalam kasus ini, VW dituding telah melakukan kecurangan dengan menambahkan perangkat tertentu untuk mengelabui tingkat emisi gas buang hasil pembakaran mesin. Hanya, meski masih tercatat sebagai merek terlaris, namun penjualan Toyota sepanjang 2015 itu turun 0,8 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, Toyota membukukan penjualan 10.230.000 unit, sementara VW menjual 10.140.000 unit.

Sejumlah kalangan menilai, jika VW tak tersandung skandal emisi, maka pertempuran dengan Toyota dalam penjualan akan berlangsung sengit. Sedangkan pada 2014, GM berhasil melego 9.920.000 unit. Sebelum Toyota merajai dunia, GM adalah merek terlaris. Bahkan gelar juara penjualan tersebut dipegangnya hingga tujuh dekade. GM kehilangan mahkota penjualan Toyota pada tahun 2008 yakni saat Amerika Serikat dibelit krisis ekonomi dan pabrikan itu menghadapi masalah keuangan. Perusahaan Amerika sempat kembali memimpin penjualan global selama satu tahun, yakni pada 2011.

Pada saat itu, Jepang dilanda tsunami dan gempa bumi, sehingga proses produksi produsen mobil terganggu. Toyota mulai berpikir untuk menggenjot penjualan di pasar negara berkembang, dan memndayagunakan Daihatsu yang sahamnya juga telah dimilikinya. Selain itu, Toyota juga terus menggenjot penjualan varian berteknologi hybrid. Kini, untuk masa depan, Toyota telah mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen, Toyota Mirai. -Toyota boleh tersenyum lebar. Pabrikan asal Jepang ini berhasil menjadi produsen paling banyak menjual kendaraan selama 4 tahun berturut-turut di dunia.

Toyota pun mengumumkan, setidaknya 10 juta lebih mobil sudah terjual 2015 lalu. Seperti dilansir worldcarfans, Kamis (28/1/2016), memang penjualan Toyota di 2015 kemarin bisa dikatakan turun 0,8 persen dibandingkan 2014. Meski demikian, para produsen dunia harus mengakui ketangguhan Toyota. Karena Toyota menjadi satu-satunya pabrikan yang berhasil menjual 10 jutaan mobil pada 2015 kemarin.

Atau tepatnya Toyota telah berhasil menjual hingga 10.150.000 unit mobil, termasuk penjualan dari Daihatsu dan Hino. Meski demikian, Toyota harus tetap waspada dengan produsen lainnya. Sebut saja VAG (MAN dan Scania) yang berhasil menjual hingga 9,9 juta unit di 2015, serta GM yang berhasil menjual 9,8 juta, dan tidak menutup kemungkinan bisa menyalip Toyota.

Dan ketangguhan Toyota ini juga dikatakan tidak lepas dari hancurnya penjualan VW, akibat kasus emisi gas buang. Sehingga wajib hukumnya bagi Toyota untuk lebih waspada.

No comments:

Post a Comment