Sunday, February 14, 2016

Uang NKRI akan Kembali Diluncurkan Tahun Ini

Pada akhir 2014 lalu, uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah diluncurkan untuk pertama kali. Disebut uang NKRI karena melibatkan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mewakili pemerintah. Perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelumnya adalah munculnya tanda tangan Menteri Keuangan di sebelah Gubernur BI. Saat itu baru pecahan 100.000 yang diluncurkan.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan tahun ini, uang NKRI akan kembali diluncurkan. Meski belum dapat dipastikan jenis pecahannya. "Yang NKRI kan itu undang-undang kita mesti cepet selesai. Tahun ini ada, itu yang pecahan ya lihat saja, kata Ronald seperti dikutip Senin (15/2/2016)

Dari sisi persiapan sudah dilakukan sepenuhnya oleh BI. Sekarang hanya butuh koordinasi dengan Pemerintah untuk penentuan komponen pada yang tersebut. Seperti pahlawan hingga desain warna. "BI sudah rencanakan, tapi kan lihat pemerintah, kita masih tunggu pahlawannya siapa, desainnya gimana," ujarnya.

Waktu peluncuran juga belum dapat dipastikan. Ronald menilai sulit bila harus diluncurkan pada 17 Agustus 2016. "Agustus kayanya nggak akan ke kejar, karena proses untuk gambar pahlawan cukup lama, pemerintah cari ahli warisnya, minta ijin, cari foto yang pas," paparnya. Salah satu yang dipastikan tidak berubah adalah ukuran uang. Menurutnya sejauh ini masih sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

"Kalau ukuran kemungkinan kita belum ubah. Kalo desainnya kita ubah juga mungkin mesti dari tahun lalu, karena beli kertasnya kan mesti tahun lalu," ungkap Ronald.

No comments:

Post a Comment