Sunday, June 6, 2010

Laba Bakrie Brother Melonjak Tajam

Perusahaan investasi PT Bakrie and Brothers Tbk atau BNBR yang menjadi induk sejumlah perusahaan dalam Grup Bakrie membukukan peningkatan laba 109 persen pada triwulan I tahun 2010.

Kinerja positif anak perusahaan perseroan, seperti PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), dan PT Bumi Resources Tbk (BUMI), turut mendorong kinerja perseroan.

CEO dan Managing Director BNBR Bobby Gafur Umar akhir pekan lalu mengatakan, pada triwulan I tahun 2010 laba bersih BNBR Rp 47,3 miliar. Laba itu naik 109 persen dari periode yang sama tahun 2009, yaitu sebesar Rp 22,6 miliar.

Pendapatan bersih perusahaan juga mengalami kenaikan 62 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, dari Rp 1,7 triliun menjadi Rp 2,8 triliun. ”Secara keseluruhan, kinerja UNSP, BTEL, ELTY, dan BUMI turut mendorong keberhasilan BNBR di awal tahun ini,” kata Bobby.

Menurut Bobby, setiap perusahaan dalam portofolio BNBR memiliki peran dalam kinerja positif perseroan di triwulan I tahun 2010 karena pada akhirnya kinerja anak perusahaan tersebut saling menopang antara satu dan yang lain.

Dia menambahkan, tahun 2010 merupakan tahun tinggal landas bagi BNBR untuk menjadi suatu perusahaan investasi yang solid serta mampu meningkatkan nilai bagi para pemegang sahamnya. ”Kenyataan bahwa kami memulai tahun 2010 dengan baik menunjukkan bahwa strategi bisnis yang kami tetapkan mulai menunjukkan hasil,” kata Bobby.

Dalam laporan keuangan setiap anak perusahaan, Bakrie Sumatera Plantations (UNSP) mencatat kenaikan laba bersih Rp 64,4 miliar atau naik 149,2 persen. BTEL mengalami peningkatan laba bersih 407 persen atau Rp 29 miliar. Jumlah pelanggan BTEL juga naik 37,5 persen menjadi 11 juta orang.

Adapun ELTY mencetak pendapatan Rp 205 miliar, naik 26,6 persen. BUMI juga mendorong pendapatannya 22,1 persen menjadi 1,02 miliar dollar AS

No comments:

Post a Comment