Saturday, June 5, 2010

Scoopy Laku Keras Dalam Pasaran Motor

Target Astra Honda Motor (AHM) untuk bisa menjual sedikitnya 10.000 unit skuter matik Scoopy dalam sebulan, tampaknya bukan perkara sulit. Pasalnya, selama seminggu pembukaan pemesanan, order yang masuk kepada agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor asal Jepang ini sudah melejit dengan mengejutkan.

"Inden resmi dengan pembayaran uang muka selama tujuh hari sejak launching di Jakarta sudah mencapai 3.000 unit," ujar Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Sigit Kumala kepada KONTAN akhir pekan kemarin.

Sedangkan antrean pesanan alias belum memberikan uang muka (down payment) skutik 108cc ini sudah mencapai 16.000 unit di seluruh diler Honda di seluruh Indonesia. Itu sebabnya, Sigit yakin, tren penjualan skutik dan tren retro yang tengah booming saat ini menjadi kunci larisnya penjualan skutik bergaya retro modern ini.

Saat peluncuran Scoopy di Jakarta (20/5), AHM yang awalnya tampak malu-malu dengan peluncuran skutik beraliran baru ini hanya berani pasang target 10.000 unit sebulan. "Kami perkirakan segmennya hanya sekitar 7% jika dibandingkan total rata-rata penjualan skutik Honda yang 150.000 unit," kata Marketing Director PT Astra Honda Motor Julius Aslan.

Meski mengakui bahwa mesin Scoopy sama dengan yang dipasang pada BeAT, AHM mematok harga Scoopy mencapai Rp 13,5 juta (on The Road Jakarta). Terpaut cukup jauh dari BeAT yang dipasarkan di kisaran harga Rp 11 jutaan. "Kelas Scoopy memang di atas BeAT namun dengan harga yang masih di bawah Vario, kami sengaja menempatkan Scoopy di antara kedua segmen skuti yang sudah lebih dulu eksis tersebut," kata Julius.

AHM sengaja mengeluarkan skutik dengan aliran baru karena persaingan segmen motor matik yang kian sengit. Selain segmen anak muda yang terus meningkat, tren retro pun dianggap tengah menghangat belakangan ini.

"Kami berusaha memperkuat imaji merek Honda sebagai trendsetter desain," kata Julius. "Hampir semua model matik berkarakter desain sporty, karakter desain unik biasanya hanya dilakukan modofikator," imbuhnya.

Julius menambahkan AHM berusaha memacu pangsa pasar motor matiknya, sekaligus meningkatkan pangsa pasar Honda secara umum. Scoopy sendiri akan mulai dipasang di diler Honda dan mulai dikirim kepada pemesan mulai Rabu besok

No comments:

Post a Comment