Sunday, April 20, 2014

10 Produk Keuangan dan Investasi Terpenting

Cermat mengelola keuangan bukan cuma dengan menabung atau hemat dalam berbelanja. Ada hal lain yang perlu diperhatikan, yakni memanfaatkan produk jasa keuangan yang penting untuk melindungi Anda dan keluarga.

Di tengah musibah atau kondisi ekonomi yang serba susah, banyak layanan keuangan yang bisa dimanfaatkan. Sayang, di Indonesia, produk semacam ini belum bisa menembus semua kalangan, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah. Ada kemungkinan hal ini disebabkan kurangnya edukasi mengenai jasa keuangan yang penting untuk kehidupan.

Menurut situs Money Talks News, ada 10 produk keuangan yang sangat penting dan bisa melindungi kehidupan Anda. Anda disarankan untuk memiliki satu di antaranya.

1. Akun bank
Layanan yang paling mendasar adalah akun terpusat yang mengatur dan memonitor kondisi keuangan Anda. Kartu prabayar mungkin sedang ngetren, tetapi Anda akan dikenai biaya bunga yang tinggi. Dengan memiliki akun bank, transaksi lebih mudah, uang lebih aman dan terjamin serta Anda bisa mendapatkan layanan lain seperti kredit atau berbagai bonus.

2. Kartu debit
Setelah punya akun bank, Anda perlu punya kartu debit. Di Indonesia, saat ini kartu anjungan tunai mandiri (ATM) sudah bisa dijadikan kartu debit untuk berbelanja di mana saja. Lebih baik jika kartu debit Anda juga bisa berfungsi sebagai kartu kredit, agar bisa memiliki dana sewaktu-waktu saat rekening menipis.

3. Akun bank cadangan/ tabungan darurat
Akun ini berfungsi sebagai penampungan dana darurat, semacam asuransi pribadi. Isi secara rutin dengan selisih dana sisa belanja. Lebih baik jika Anda punya target berapa dana yang harus ditabung setiap bulan. Menurut situs Money Talks News, ada 10 produk keuangan yang sangat penting dan bisa melindungi kehidupan Anda. Anda disarankan untuk memiliki satu di antaranya.

4. Asuransi Kesehatan
Anda mungkin berpikir bahwa sekarang masih sehat dan muda. Namun ingat, kondisi itu ak berlangsung selamanya. Toh, orang sehat dan muda pun tak terhindar dari kecelakaan atau musibah tertentu. Kecuali Anda orang kaya yang mampu membayar tagihan medis dengan mudah, tidak memiliki asuransi kesehatan adalah kebodohan.

5. Asuransi rumah
Jika rumah terbakar, maukah Anda tinggal di jalanan? Itu yang akan terjadi pada orang yang tidak mengasuransikan properti mereka. Dengan asuransi properti, Anda akan aman secara finansial meskipun rumah mengalami kerusakan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan klausul penyedia asuransi, apakah mau membayar kerugian untuk rumah yang rusak karena banjir atau hal lain.

6. Asuransi kendaraan
Setelah rumah Anda, kendaraan adalah aset penting dalam sebuah keluarga. Jadi, asuransi untuk kendaraan tak kalah penting untuk dimiliki.

7. Asuransi kecacatan
Asuransi kecacatan akan menyediakan kebutuhan dana ketika Anda tidak bisa bekerja karena keterbatasan fisik. Klausul klaimnya bisa bervariasi antara satu perusahaan asuransi dengan yang lain, namun secara umum asuransi ini akan membayar 60 persen pendapatan Anda per bulan.

8. Asuransi Jiwa
Asuransi terakhir yang perlu Anda miliki adalah asuransi jiwa. Dananya bukan untuk Anda, tetapi untuk melindungi keuangan keluarga. Kecuali Anda bisa mewariskan uang tunai dalam jumlah besar, Anda disarankan memiliki asuransi jenis ini.

9. Dana Pensiun
Saat pensiun dari pekerjaan Anda perlu menyediakan dana untuk menkmati hari tua dengan tenang. Bagaimana pun, merencanakan masa depan tak hanya merencanakan waktu gemilang, tapi juga keamanan finansial pada masa tua.

10. Tabungan sekolah Anda
Jika tak punya anak, Anda dapat mengeliminasi layanan ini. Namun jika Anda punya anak, merencanakan tabungan untuk pendidikan sangat penting karena setiap tahun biayanya terus naik.

No comments:

Post a Comment