Wednesday, April 30, 2014

PT PAL Indonesia Incar Proyek Minyak Offshore

PT PAL Indonesia (Persero) membidik proyek-proyek rekayasa umum anjungan lepas pantai (offshore) untuk industri hulu migas. Direktur Produksi PT PAL Indonesia Edi Widiarto mengatakan proyek Engineering, Procurement, Construction and Installation (EPCI) dari Divisi General Engineering menyumbang 30 persen pendapatan perseroan.

Selain dari proyek rekayasa umum, proyek kapal perang berkontribusi 50 persen, kapal niaga 5 persen dan sisanya jasa perawatan kapal. "Kami terus perkuat segmen proyekgeneral engineering. Kalau bisa sebanyaknya," kata Edi di sela-sela First Steel Cutting Project Well Head Platform Madura BD pesanan Husky CNOOC Madura Limited (HCML) di Surabaya, Rabu, 30 April 2014.

Proyek HCML, kata Edi, merupakan yang kedelapan dari proyek sejenis. Anjungan ini akan ditempatkan di Lapangan BD, Blok Madura Strait. Platform anjungan memiliki tinggi 55 meter dengan dilengkapi pipa 16 inci bawah laut sepanjang 52 kilometer untuk menyalurkan gas bumi ke titik serah di PLTG Grati, Pasuruan. Proyek senilai US$ 126 juta itu diperkirakan masuk tahap commissioning pada Maret 2015.

Platform top side dan jacket dikerjakan sekitar 18 bulan dari keseluruhan pengerjaan proyek selama 30 bulan sejak Juli 2013. PT PAL membentuk konsorsium dari Offshore Oil Engineering Co. Ltd (COOEC) dan PT Supasi Widya Engineering untuk tahapan pengerjaan seperti engineering dan pengadaan material di bawah pengawasan Biro Klasifikasi Indonesia. "Empat puluh persen bahan baku dari domestik dan sisanya masih impor," ujar Edi.

Vice President HCML Budianto Tomas mengatakan Lapangan BD diproyeksikan untuk produksi komersial pada awal 2016. Lapangan itu menyimpan potensi gas bumi sebanyak 110 juta kaki kubik per hari. Ia berharap PT PAL Indonesia bisa merealisasikan proyek sesuai target. "Saya dengar PT PAL ini sering terlambat menyelesaikan proyek. Tapi harus dilihat terlambatnya itu di mana, saya yakin PT PAL bisa tepat waktu," kata Tomas.

No comments:

Post a Comment