Friday, April 18, 2014

Konsumen Thailand Paling Banyak Memberikan Tip

Penelitian MasterCard di 16 negara Asia Pasifik menunjukkan konsumen Thailand paling dermawan memberi uang tip. Thailand pun dinobatkan sebagai "The Nation of Top Tippers 2014", menggantikan Bangladesh. Penelitian dilaksanakan pada Oktober dan November 2013 dengan 7.932 responden berusia 18-64 tahun di 14 negara Asia Pasifik.

"Survei seperti ini akan memberi pengetahuan yang bagus mengenai tindakan yang diterima oleh masyarakat setempat," kata Group Head Communications Asia / Pacific, Middle East and Africa MasterCard, Georgette Tan melalui keterangan resmi, Jumat, 18 April 2014.

Dia menjelaskan, pemberian uang tip merupakan hal umum di Thailand. Sebanyak 8 dari 10 konsumen Thailand selalu memberi tip setelah menyantap hidangan di restoran. Sementara Bangladesh tahun ini lebih hati-hati dalam pengeluaran. Pada survey sebelumnya, Bangladesh menjadi negara paling dermawan dengan tingkat pemberitan tip 88 persen. Sementara itu survei kali ini menempatkan negara ini di posisi kedua dengan level 80 persen.

Selain Bangladesh, masyarakat Indonesia secara umum pun semakin berhati-hati memberi uang tip. Sebelumnya Indonesia menempati urutan kedelapan dengan 33 persen konsumen yang memberi tip. Pada suvei MasterCard terbaru, angka ini turun 7 persen

Sementara itu di Jepang, hanya 4 persen konsumen yang terbiasa memberi uang tip. Jumlah konsumen di Korea Selatan, Thailand dan Selandia Baru yang memberi tip tercatat sekitar 10 - 12 persen.

Penelitian juga menunjukkan di kawasan Asia Pasifik 4 dari 10 konsumen biasanya memberi uang tip setelah makan di restoran. Lebih dari 43 persen pria meninggalkan uang tip, sedangkan jumlah wanita yang memberi tip di restoran maupun bar sebanyak 36 persen.

Selain itu, konsumen di atas 45 tahun, yaitu sebanyak 42 persen menurut survei ini lebih terbiasa memberi uang tip. Sementara itu, 37 persen konsumen dengan usia 18 - 29 tahun terbiasa meninggalkan tip.

No comments:

Post a Comment