Friday, April 25, 2014

Keuntungan Amazon Naik 32 Persen

Perusahaan retail online, Amazon Inc, membukukan kenaikan laba 32 persen menjadi US$ 108 juta pada kuartal pertama 2014. Menurut Kepala Eksekutif Amazon Jeff Bezos, kenaikan laba ini diperoleh setelah Amazon membukukan kenaikan penjualan 23 persen atau menjadi US$ 19,7 miliar. "Ini adalah awal yang baik," kata Bezos seperti dikutip dari BBC, Jumat, 25 April 2014.

Bezos mengatakan saat ini Amazon membuka bisnis baru berupa layanan video streaming, termasuk produk Fire Box TV serta menyepakati kerja sama dengan stasiun televisi HBO.TV box ini bisa terkoneksi dengan penyedia video online, seperti Hulu dan Netflix. Dengan produk ini, Amazon berharap bisa menyaingi penyedia televisi dan video onlinesekelas Apple hingga perusahaan pemula, Roku.

Namun, ekspansi usaha TV streaming membuat belanja Amazon menjadi semakin meningkat. Termasuk di antaranya belanja investasi gedung yang lebih besar untuk distribusi peralatan rumah tangga, investasi untuk server web, dan investasi untuk menambah program baru seperti layanan pesan antar makanan. Untuk membantu sebagian pembiayaan tersebut, Amazon mengumumkan akan menaikkan biaya pengiriman keanggotaan Prime Unlimited 25 persen. Biaya ini naik dari yang awalnya US$ 79 menjadi US$ 99.

Karena itu, meskipun Amazon membukukan kenaikan profit, para investor kecewa karena belanja perusahaan malah melambung. Kabarnya, belanja Amazon naik 23 persen dari 2014 dan beban ini mengurangi keuntungan perusahaan. Secara keseluruhan pembagian keuntungan menurun lebih dari 15 persen di tahun ini.

No comments:

Post a Comment