Wednesday, April 9, 2014

Cadangan Devisa Indonesia Bulan Maret 102,6 Miliar Dolar

Bank Indonesia mengumumkan posisi cadangan devisa Indonesia akhir Maret 2014 mencapai 102,6 miliar dolar AS, sedikit menurun dari posisi akhir Februari 2014 sebesar 102,7 miliar dolar AS.

"Penurunan cadangan devisa terutama dipengaruhi kewajiban pembayaran obligasi global Pemerintah yang jatuh tempo pada bulan Maret 2014," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Posisi cadangan devisa tersebut dapat membiayai 5,9 bulan impor atau 5,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai level cadangan devisa itu masih mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. Cadangan devisa tersebut setara dengan 5,5 bulan kebutuhan pembiayaan impor atau setara 5,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, kata Bank Indonesia dalam siaran persnya, Jumat.

Bank Indonesia menilai jumlah cadangan devisa tersebut cukup aman untuk mendukung ketahanan sektor eksternal dan berada di atas standar kecukupan internasional.

Stabilnya cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari respon kebijakan Bank Indonesia untuk menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dan menjaga stabilitas nilai rupiah sesuai dengan kondisi fundamentalnya.

No comments:

Post a Comment