Saturday, February 4, 2012

65 Milyar Euro Keluar Dari Yunani Karena Krisis Ekonomi

Sedikitnya sekitar 16 miliar euro (21 miliar dolar AS) dana dari Yunani telah dipindahkan ke bank-bank asing dalam dua tahun terakhir, sekitar sepertiganya dilarikan ke Inggris, menteri keuangan mengatakan Jumat.

Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos mengatakan bahwa secara keseluruhan, deposan telah menarik 65 miliar euro dari bank-bank Yunani sejak 2009, ketika negara itu mulai terperosok ke dalam krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa.

"Dari jumlah itu, 16 miliar euro telah dibawa ke luar negeri secara legal," kata Venizelos kepada parlemen.

"Kurang dari 10 persen telah pergi ke Swiss, dan 32 persen telah pergi ke Inggris," katanya.

Venizelos sedang membela keputusan pemerintah untuk mendukung bank-bank Yunani, yang menerima lima miliar euro bantuan negara di bawah sebuah rencana dukungan 2008 dengan imbalan saham, dan lebih dari 120 miliar euro secara keseluruhan dalam jaminan negara.

Mereka juga menerima 40 miliar euro lainnya di bawah kesepakatan bailout zona euro, yang para pejabat telah usahakan selama berminggu-minggu.

Rincian kesepakatan diharapkan akan disusun pada minggu depan.

"Unsur-unsur dasar dari kesepakatan telah siap," kata juru bicara pemerintah Pantelis Kapsis kepada Real FM radio, Jumat.

Uang itu akan membantu bank pulih dari pengurangan besar nilai obligasi negara Yunani yang mereka miliki.

Kreditor sektor swasta memegang sekitar 200 miliar euro dari obligasi Yunani -- sekarang sangat undervalued setelah penurunan peringkat berturut-berturut -- diminta untuk menerima pengurangan dalam nilai 70 persen atau lebih untuk membantu Yunani memenuhi jadwal pembayaran utang jatuh tempo.

No comments:

Post a Comment