Saturday, February 18, 2012

Pembangunan Infrastruktur Menjadi Tumpuan Pembangunan


Pembangunan ekonomi yang seimbang, inklusif, dan berkelanjutan membutuhkan dukungan sektor infrastruktur yang kuat.

"Terdapat tiga arah dalam pembangunan berkelanjutan, keberlanjutan kesejahteraan masyarakat, keberlanjutan kegiatan ekonomi masyarakat, dan keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan bagi generasi sekarang dan masa depan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Alisjahbana, dalam Hitachi Eco Conference 2012 di Jakarta, Kamis (16/2)

Armida mengatakan penerapan konsep efisiensi ekologis dalam infrastruktur mengandung arti penggunaan sumber daya energi, air, materi, dan tanah yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator Humanitarian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Indonesia, El-Mostafa Benlamlih, mengatakan paradigma pembangunan harus bergeser menyusul runtuhnya perekonomian Eropa dan Amerika.

"Paradigma baru perlu memperhatikan persoalan ketidakadilan, perubahan iklim, dan ancaman geopolitik," kata Benlamlih.

Wakil Direktur Hitachi, Shigeru Azuhata, mengatakan Indonesia telah diidentifikasi sebagai salah satu kawasan utama di Asia Tenggara yang diharapkan mengalami peningkatan bisnis inovasi sosial.

"Permintaan infrastruktur di Indonesia meningkat karena posisinya sebagai salah satu kekuatan ekonomi di Asia tengah berkembang," kata Azuhata.

No comments:

Post a Comment