Saturday, February 18, 2012

Survei ECB: Zona Euro Akan Tumbuh Rendah

 Para ahli prakiraan (peramal) profesional yang disurvei oleh Bank Sentral Eropa telah memangkas proyeksi mereka untuk pertumbuhan zona euro tahun ini dan tahun depan, bank sentral mengatakan, Kamis.

Menurut Survey of Professional Forecasters (SPF) triwulanan Bank Sentral Eropa (ECB), ekonomi zona euro akan berkontraksi sebesar 0,1 persen pada 2012 dan kemudian tumbuh 1,1 persen pada 2013, ECB mengatakan dalam buletin bulanan untuk Februari, lapor AFP.

Itu menandai revisi turun cukup besar dari survei SPF terakhir pada November ketika pertumbuhan tahun ini telah terlihat pada 0,8 persen dan tahun depan 1,6 persen.

Perkiraan terbaru ini juga datang pada ujung bawah proyeksi staf ECB sendiri yang diterbitkan pada Desember.

"Garis dasar prospek lebih negatif (disebabkan) konsolidasi fiskal tambahan di banyak negara kawasan euro, pengetatan lebih lanjut kondisi kredit, kepercayaan diri yang lebih rendah dan tingkat ketidakpastian yang umumnya lebih tinggi," kata ECB menjelaskan.

Data lembaga Eurostat pada Rabu, menunjukkan bahwa ekonomi zona euro kontraksi 0,3 persen pada kuartal keempat tahun lalu karena krisis utang negara membawa pertumbuhan di seluruh Eropa menjadi berhenti dan bahkan mendorong sejumlah negara ke dalam resesi.

Beralih ke prospek inflasi untuk 17 negara euro, survei ECB melihat sebuah revisi naik tipis menjadi rata-rata tahunan 1,9 persen tahun ini dari 1,8 persen sebelumnya.

Pada saat yang sama, perkiraan untuk tahun depan direvisi sedikit turun menjadi 1,7 persen dari 1,8 persen. 

No comments:

Post a Comment