Monday, February 27, 2012

Yamaha Mio J Super Irit Hanya 1 Liter Tempuh 70 Kilometer

Yamaha Mio J cuma perlu seliter bensin untuk jarak tempuh 70 km.  Motor matic terbaru keluaran Yamaha Indonesia Motor Manufacturing itu sudah menggunakan teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

"Mio-J memiliki mesin baru yang 30 persen lebih hemat BBM pendahulunya," kata Executive Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Dyonisius Beti ketika menggelar jumpa media di Bandung akhir pekan ini.

Sistem suplai bahan bakar Mio-J mengadopsi teknologi Low Friction Engine Technology yang menghasilkan daya gesek rendah. 

"Sistem itu membuat suhu mesin terkontrol dengan baik sehingga konsumsi bahan bakar jauh lebih irit," kata Beti.

Sistem itu dipadukan dengan Cam Shaft(penambahan bearing khusus) dan cranksaft assysehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah. Belum lagi, sistem pendinginnya menggunakan Turbo Fan sehingga mesin lebih cepat dingin.

Posisi injektor mengarah langsung ke ruang bakar sehingga alirannya tidak terhambat dan air assist passage mampu memasok udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi. Hal itu membuat campuran BBM dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

"Ada sistem ECU yang mampu mengontrol kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal," katanya.  Helm spesial Mio J dibuat mengikuti grafis motornya. Helm Mio J dibagi dalam dua kelompok yang berwarna solid tanpa grafis seharga Rp 180.000 dan berwarna dasar putih dengan grafis seharga Rp 195.000.

Yamaha Indonesia menyebutkan helm Mio J berwarna solid tanpa grafis tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid. 

Helm Mio J berwarna dasar putih dengan grafis juga memiliki tiga warna pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna biru), YB-A4 Pink Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna pink), YB-A4 Black Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna black). Grafis helm Mio J ini memakai teknologi 3D sehingga terlihat menonjol dan unik.

Kehadiran Yamaha Mio J disertai dengan suku cadangnya. Yamaha menyiapkan suku cadang  Mio J khususnya untuk Fuel Injection (FI)  dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor.

Suku cadang khusus ini menurut Yamaha Indonesia adalah untuk memenuhi keinginan konsumen dalam menjaga performa motor. Suku cadang lainnya yang sudah siap adalah throttle body, fuel pump, injector bahkan  Engine Control Unit (ECU). 

Throttle body sebagai tempat kontrol gas, fuel pump yaitu pompa bensin yang ada di dalam tangki untuk mendistribusikan bensin ke injektor, injector fungsinya sebagai alat yang menyemprotkan bensin ke ruang bakar dan ECU yang mengontrol semua part secara otomatis. 

Harga throttle body (Rp 420.000) ; fuel pump (Rp 430.000) ; injector (Rp 115.000) ; ECU (Rp 525.000).

Yamaha juga menyediakan kebutuhan motor injeksi yaitu  Carbon Cleaner. Carbon Cleaner adalah cairan untuk membersihkan sisa pembakaran mesin. 

Carbon Cleaner membuat performa mesin lebih maksimal dengan formula khusus untuk membersihkan dan mengangkat lapisan karbon atau kerak sisa pembakaran di dalam ruang bakar mesin. 

Satu botol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Selain Carbon Cleaner, Yamaha juga menyediakan Gear Oil dengan volume 140 ml sesuai kebutuhan Mio J.

No comments:

Post a Comment