Friday, May 14, 2010

Khazanah Lepas Semua Sahamnya di CIMB Niaga

CIMB Group Holdings Berhad menandatangani perjanjian penjualan dan pembelian saham (share sale and purchase agreement/SSPA) bersyarat dengan Khazanah Nasional Berhad menyangkut pembelian 17,10 persen saham PT Bank CIMB Niaga Tbk dari Khazanah di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (14/5).

Rencananya, Khazanah akan menjual lagi sisa sahamnya sebesar 2,57 persen di CIMB Niaga kepada CIMB Group. Dengan demikian, saham CIMB Niaga yang dimiliki CIMB Group akan meningkat menjadi 97,93 persen dari sebelumnya 78,26 persen.

Akuisisi tersebut merupakan transaksi antarperusahaan yang terafiliasi. CIMB Group merupakan anak usaha Khazanah di sektor perbankan.

”Akuisisi ini memperkuat keberadaan kami di Indonesia dan sejalan dengan optimisme kami tentang pasar secara keseluruhan dan CIMB Niaga pada khususnya,” kata CEO CIMB Group Dato Sri Nazir Razak dalam siaran persnya yang diterima kemarin di Jakarta.

Saham Khazanah di CIMB Niaga akan dilepas dengan harga Rp 1.155 per saham atau seluruhnya Rp 4,7 triliun untuk 17,10 persen saham dan Rp 711 miliar untuk 2,57 persen saham tambahan.

Seluruhnya akan dibiayai dengan hasil penerbitan saham baru CIMB Group dengan harga emisi 14,50 ringgit Malaysia per lembar saham. Khazanah akan membeli seluruh saham yang diterbitkan CIMB Group.

”Transaksi ini akan memperbesar modal perusahaan. Kami juga mengharapkan hal ini akan meningkatkan pendapatan laba per saham,” lanjut Nazir.

Untuk itu, CIMB Group akan memerhatikan berbagai aspek, termasuk aset bersih dan kinerja CIMB Niaga serta prospek industri perbankan di Indonesia.

Dalam laporan keuangan CIMB Group dan CIMB Niaga per 31 Desember 2009 disebutkan, harga saham CIMB Group 2,52 kali nilai bukunya. Sementara harga saham CIMB Niaga sebesar 2,47 kali nilai bukunya.

Sementara itu, bank terbesar di Malaysia, Maybank, mencatat laba bersih triwulan I-2010 sebesar 2,9 miliar ringgit Malaysia (Rp 8,12 triliun), meningkat 60 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya

No comments:

Post a Comment