Wednesday, December 14, 2011

Hongkong Berhasil Raih Posisi Teratas Pasar Keuangan Dunia


Berdasarkan laporan organisasi World Economic Forum untuk tahun 2011.Hong Kong telah menjadi negara Asia pertama menduduki tempat teratas pasar keuangan paling maju di dunia .
Berdasarkan Laporan tersebut ranking Hong Kong diperkuat oleh angka yang tinggi dalam jasa keuangan non-bank seperti “initial public offerings” atau penjualan saham yang baru diterbitkan dan asuransi.
Inilah pertama kalinya Amerika Serikat atau Inggris tidak meraih nomor satu sejak organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jenewa itu memulai survei tersebut 4 tahun lalu.
Amerika Serikat jatuh ke nomor dua, tetapi mempertahankan angka keseluruhannya. Inggris tergelincir ke nomor tiga dengan jatuhnya angka keseluruhannya karena berkurangnya kegiatan dalam initial public offerings atau IPO dan securitisasi atau proses penerbitan obligasi baru.
Para pejabat Forum Ekonomi Dunia mengatakan laporan ini hendaknya berfungsi sebagai peringatan terhadap pusat-pusat pasar keuangan Barat bahwa “kepemimpinan jangka panjang mereka sedang terancam.”
Hong Kong naik 3 ranking untuk merebut tempat teratas, sementara Singapura, Australia, dan Jepang mempertahankan rangking 10 teratas mereka. Beberapa negara Asia lain, termasuk Korea Selatan, juga melonjak dalam ranking 60 pasar keuangan teratas di dunia.

No comments:

Post a Comment