Wednesday, December 7, 2011

Pelumas Pertamina Bidik Pasar Vietnam

PT Pertamina (Persero) memperluas ekspansi ekspor minyak pelumas ke luar negeri dengan melakukan penjajakan ke Vietnam. 

Demikian disampaikan Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun dalam keterangan tertulis dari Doha, Qatar, yang diterimaMedia Indonesia, Rabu (7/12). 

Menurut dia, dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 89 juta jiwa, produk domestik bruto Vietnam mengalami pertumbuhan yang signifikan, berada pada kisaran 7%-8% per tahun dengan angka produk domestik bruto yang berada di atas US$100 miliar. 

Dengan pertumbuhan ekonomi yang positif, Vietnam merupakan negara yang menjadi pasar potensial untuk pemasaran pelumas Pertamina. 

Saat ini, ungkapnya, penjajakan yang dilakukannya saat ini telah memasuki tahap studi pasar. "Pertamina mengharapkan ekspansi ini dapat memperkuat dan memperluas sebaran pasar pelumas Pertamina di Asia," kata dia. 

Pada forum World Petroleum Congress 2011 di Doha, Harun melanjutkan, pihaknya juga menjajaki potensi pengembangan pasar ke kawasan Asia Pasifik dan Afrika. Pertamina optimis terhadap pertumbuhan penjualan pelumas ke luar negeri. Sampai dengan November 2011 Pertamina mencapai realisasi penjualan luar negeri sebesar 193 ribu kilo liter. Realisasi ini berada di atas target penjualan luar negeri yang sebesar 156 ribu kilo liter. 

Khusus untuk pasar luar negeri, kata dia, Pertamina telah melakukan penjualan pelumas rata-rata mencapai 80 ribu kilo liter per tahun sejak tahun 2007. 

Sebelumnya, pada 14 September 2011, Pertamina telah melakukan pengiriman ekspor pelumas ke Bangladesh dan pada akhir November 2011 juga telah memasuki pasar retail di Beijing. 

Ekspansi pasar pelumas Pertamina ke luar negeri antara lain ke Belgia, Saudi Arabia, Myanmar, Singapura, Taiwan, Filipina, Timor Leste, Malaysia, Nepal, Australia, Jepang, Thailand, Korea, Cina, Pakistan, dan Uni Emirat Arab. 

Apresiasi terhadap produk pelumas Pertamina pun terlihat dari semakin kuatnya permintaan pasar di manca negara yang berhasil melampaui target penjualan atau 23% diatas target dan perolehan sejumlah penghargaan. Beberapa diantaranya merupakan penghargaan atas produk dan pelayanan Pertamina. 

Pelumas Pertamina meraih gelar Top Brand Award 2010 yang dilaksanakan Frontier Consulting Group. PrimaXP untuk kategori pelumas roda empat dan Mesran untuk motor. 

Penghargaan yang diterima 2010 tersebut merupakan wujud dari keberhasilan Pertamina dalam mempertahankan pasar dalam negeri bersamaan dengan melakukan aksi agresif ke pasar luar negeri. 

Selain itu, brand Mesran juga meraih penghargaan The Greatest Brand of The Decade dari Mark Plus dan Indonesia Original Brand

No comments:

Post a Comment