Wednesday, December 14, 2011

Indonesia Bisa Jadi Pemenang Pada Ekonomi Super Cycle

 Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu pemenang pada periode super-cycle atau periode yang ditandai oleh pertumbuhan ekonomi global yang tinggi.



Indonesia memiliki pendukung yang tidak dimiliki negara lain dalam upaya menjadi pemenang, yakni menjadi negara dengan ekonomi keenam terbesar di dunia tahun 2030, mengalahkan Jerman, Perancis, dan Inggris.

"Beberapa pendukung Indonesia dalam memenangi periode super-cycle ini antara lain kecenderungan naiknya permintaan global dan kenaikkan harga komoditas," ujar Ekonom Bank Standard Chartered, Eric Alexander Sugandi di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Menurut Eric, Indonesia juga kuat karena akan mendapatkan dukungan dari kelompok menengahnya. Kelompok menengah ini akan tumbuh fantastis pada tahun 2030, ketika total penduduk Indonesia mencapai 320 juta jiwa. Kelas menengah itu adalah kelompok masyarakat yang memiliki penghasilan antara 2-20 dollar AS per hari.

"Kelas menengah itu akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia," ujarnya. 20 tahun mendatang, jumlah kelas menengah di Indonesia diperkirakan mencapai 171 juta jiwa atau 63 persen dari total jumlah penduduk dan meningkat lagi menjadi 244 juta pada tahun 2030, atau 78 persen dari total penduduk. 

No comments:

Post a Comment