Wednesday, December 7, 2011

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Perluas Pembangunan 3 Pabrik Demi Tingkatkan Laba Bersih

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) menargetkan peningkatan laba bersih pada tahun 2012 sebesar 45,1% menjadi Rp1,049 triliun dibanding tahun 2011 sebesar Rp723 miliar. 

Peningkatan target laba bersih tersebut ditunjang dari peningkatan produksi 30% seiring peningkatan kapasitas tiga pabrik dan beroperasinya dua pabrik pakan ternak baru di tahun depan. 

Senior Vice President Japfa, Putut Djagiri, mengatakan, perseroan berkode emiten JPFA itu memperluas kapasitas tiga pabrik di Padang (Sumatra Barat), Medan (Sumatra Utara), dan Surabaya (Jawa Timur). Dengan perluasan kapasitas pabrik tersebut, perseroan dapat meningkatkan jumlah produksi mencapai 300 ribu ton. 

"Jadi pabrik sekarang sudah full capacity. Kami tambah satu line yang kapasitas masing-masinga 8000 ton per bulan mendekati 100 tibu ton per tahun. Di Surabaya, kami bangun pabrik baru yang tadinya pakan ikan jadi pakan ternak dengan kapasitas 10 ribu ton. Total tambahannya mencapai 26 ribu ton per bulan atau 300 ribu ton per tahun," ujarnya dalam acara penerbitan obligasi berkelanjutan I Japfa, di Jakarta, Rabu (7/12). 

Untuk memperluasan kapasitas tiga pabrik tersebut, lanjut Putut, perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp900 miliar pada tahun 2012. Investasi berasal dari dana hasil penerbitan obligasi berkelanjutan I sebesar Rp750 miliar dan sisanya dari kas internal. 

"Memang, capex Japfa difokuskan kepada perunggasan yakni pakan ternak, pembibitan, dan peternakan komersial. Itu jadi sasaran capex kami. Sehingga 90% dari hasil obligasi ditujukan untuk divisi perunggasan. Kami rekrut peternak lokal di seluruh Indonesia dengan win-win solution. Peternak punya fasilitas produksi yang bisa digunakan," jelasnya. 

Menurut Putut, perseroan saat ini telah bermitra dengan 6000 peternak. Perseroan bertindak sebagai penyuplai DOC (anak ayam) dan pakan ternak. 

Di samping itu, dua pabrik pakanan ternak baru Japfa yang berlokasi di Semarang dan Purwakata akan mulai beroperasi pada tahun 2012. Pabrik di Semarang akan mulai beroperasi pada Januari 2012. Sementara pabrik di Purwakarta akan beroperasi pada Maret 2012. 

Sementara Direktur Japfa, Ignatius Herry Wibowo, mengatakan, perseroan berencana untuk membangun pabrik di kawasan Indonesia Timur yakni Palu. Direncanakan, pembangunan pabrik tersebut akan selesai pada akhir tahun 2013. 

Kapasitas pabrik di Palu sekitar minimal 8000 ton per bulan. Nantinya, ada peningkatan kapasitas secara bertahap. "Kita alokasikan 10% dari capek tahun depan untuk pembangunan pabrik baru. Karena kita harus mengantisipasi peningkatan permintaan tiap tahunnya," ungkapnya. 

No comments:

Post a Comment