Friday, January 27, 2012

CIMB Niaga Akan Membeli Bank Terbesar Filipina

CIMB Group, induk usaha Bank CIMB Niaga, akan membeli saham Bank of Commerce Filipina dari konglomerat San Miguel Corporation. Aksi korporasi ini akan dipublikasikan pada kuartal pertama tahun ini.

Menurut Presiden Komisaris Bank CIMB Niaga, Dato' Sri Nazir Razak, sampai saat ini pihaknya masih bernegosiasi dengan San Miguel.

Ia menolak mengungkapkan berapa dana yang dialokasikan untuk mengakuisisi Bank of Commerce Filipina. "Lihat kuartal pertama nanti," kata dia usai Rapat Umum Pemegang Saham, Kamis 26 Januari 2012.

San Miguel sendiri dikabarkan akan melepas 60 persen saham Bank of Commerce. Jual-beli dengan CIMB Group ini telah memasuki tahap final.

Bank of Commerce sendiri memiliki total aset sebanyak US$ 2 miliar. Pada Juni lalu nilai saham modalnya sebesar US$ 385,5 juta. Ini bisa diartikan nilai transaksi penjualan saham setidaknya mencapai US$ 231,3 juta.

Nazir mengatakan ke depannya perusahaan masih berfokus untuk melakukan akuisisi bank di Filipina. Dengan itu CIMB telah menjalankan strateginya untuk memperluas jaringan mereka. Selain di Indonesia dan Malaysia, lembaga keuangan yang berbasis di Malaysia ini telah menancapkan kakinya di negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Thailand dan Singapura.

No comments:

Post a Comment