Friday, January 27, 2012

Investor Jepang, Korea dan Taiwan Batal Investasi Di Indonesia Setelah Buruh Demo

 Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyatakan akibat demo buruh di Bekasi sejumlah investor asing mulai menarik diri dari Indonesia. Investor tersebut antara lain berasal dari Jepang, Korea, dan Taiwan. "Mereka mulai pergi," kata Muhaimin ketika bernegosiasi dengan perwakilan buruh di pintu tol Cikarang Barat 3, sore tadi.

Muhaimin mendatangi buruh dengan diantar helikopter Polda Metro Jaya. Dia berusaha menenangkan massa yang sejak pagi telah menutup ruas tol Jakarta-Cikampek.

Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S. Rajab mengatakan jika buruh tetap memaksa menutup tol dan melumpuhkan kawasan industri akan banyak pengangguran. "Kami juga senang kalau upah buruh naik, tapi jangan memaksa menutup tol," ujarnya.

Menurut Untung, ia mengimbau buruh untuk kembali beraktivitas karena sudah ada jaminan dari pemerintah UMK Kabupaten Bekasi 2012 sesuai dengan yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. "Jangan emosi, tapi perhatikan anak-istri di rumah," katanya.

Salah seorang perwakilan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Wawan Setiawan meminta Apindo tak lagi berbohong. "Kami butuh jaminan dari pemerintah bahwa UMK dijalankan," katanya. 

No comments:

Post a Comment