Thursday, August 9, 2012

Pemilik Brand Zara Amancio Ortega Kini Menjadi Orang Paling Kaya Nomor 3 Didunia

 Zara merupakan salah satu brand high street yang paling laris manis di pasaran. Tak heran jika pemilknya, Amancio Ortega kini dinobatkan sebagai orang terkaya nomor tiga di dunia.

Amancio Ortega adalah pendiri sekaligus direktur dari Inditex Group, perusahaan yang menaungi brand high-street Zara. Dalam daftar yang dirilis oleh situs bisnis dan keungan Bloomberg, 'Billionaires Index', ia dinyatakan sebagai orang terkaya urutan ke-3 dengan estimasi kekayaan sebsar US$ 46,6 miliar atau sekitar Rp 440 triliun.

Masuknya Ortega sebagai orang terkaya nomor tiga, membuat pengusaha asal Amerika Warren Buffet turun menjadi ke posisi empat. Sedangkan yang berada di posisi kedua adalah pendiri Microsoft, Bill Gates dan posisi pertama diduuki oleh Carlos Slim, pemimpin utama perusahaan telekomunikasi asal Meksiko.

Ortega mungkin hanya berada di urutan ketiga dalam daftar pria terkaya di dunia. Tetapi di negara asalnya, Spanyol, pria berusia 76 tahun itu merupakan orang terkaya nomor satu, mengalahkan pemilik IKEA, Ingvar Kamprad.

Zara didiran Ortega pada tahun 1975. Ortega tidak lagi memegang kendali penuh dalam Inditex Group sejak Juli 2011. Ia memberikan posisinya pada CEO serta wakil presiden Inditex Group, Pablo Isla. Walau begity, Ortega tetap memiliki 59 persen saham perusahaan.

Ortega dikenal sebagai pria yang hidup dalam ketenangan dan jauh dari pusat perhatian. Ia dikabarkan selalu memiliki peran aktif dalam proses desain dari semua brand yang bernaung pada Inditex Group. Misalnya, Zara Home, Bershka dan Massimo Dutti.

Belakangan ini Zara semakin populer berkat produknya yang menyerupai karya desainer, namun dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Setiap musimnya, Zara selalu menggunakan model-model ternama untuk kampanye iklannya. Sebut saja, Lara Stone, Hanne Gaby, Freja Beha Erichsen dan Cara Delevingne.

No comments:

Post a Comment