Saturday, August 4, 2012

Ubud Gelar Festival Kopi Indonesia

Indonesian Coffee Festival (ICF) atau pertemuan kalangan industri kopi, direncanakan digelar pada 15-16 September 2012 di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali. 

"ICF adalah ajang pertemuan dari hulu ke hilir di industri kopi dan memberikan edukasi di segala kalangan untuk lebih mencintai produk dalam negeri," kata Direktur ICF, Yanthi Tambunan di Jakarta, Jumat (3/8). 

ICF juga memperkenalkan berbagai macam kopi Indonesia baik kopi daratan tinggi Gayo, Lampung, Jawa, Bali dan sebagainya. "Even ICF ini didukung berbagai pihak terkait seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah Gianyar, Kerajaan Ubud, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Asosiasi Ubud Hotel, Komunitas Kopi dan Blogger Kopi," kata Yanthi. 

ICF bertujuan mempromosikan kopi Indonesia yang terkenal dengan keragaman dan kekayaan varian dan cita rasa, katanya. 

"Kami juga ingin mendorong kopi Indonesia supaya lebih dicintai di negerinya sendiri, maka bukan saja petani kopi yang akan terangkat harkat dan martabatnya dan memiliki kesejahteraan, daerah penghasil kopi di Indonesia juga akan berpotensi sebagai kawasan agrowisata, sehingga dapat tercapainya 'eco tourism' yang merupakan ekonomi kreatif dan 'go green'," kata Yanthi. 

Menurut data setiap tahun diperkirakan ada 100 miliar cangkir kopi diseduh setiap hari.  Jika diasumsikan 10 persen dari total jumlah penduduk masyarakat Indonesia meminum kopi, maka estimasi perhitungannya adalah sebagai berikut: 10 persen x  237 juta jiwa = 23,7 juta x 7 gram = 165,9 ton per hari. 

Jika seseorang meminum kopi dua kali dalam sehari, maka kebutuhan kopi di dalam negeri saja berjumlah 121.107 ton per tahun.  Luas area perkebunan kopi Indonesia berkisar 1,3 juta hektare. 

"Melalui ajang ICF ini, diharapkan dapat terjalinnya hubungan simbiosis mutualisme dari hulu ke hilir untuk industri kopi nusantara kita, sehingga dapat meningkatkan kuantitad penikmat kopi lokal dan terciptanya kedai-kedai di berbagai tempat di tanah air dan berdampak kepada kualitas hidup petani kopi," kata Yanthi. 

Sebelum, ICF telah dilaksanakan ajang Road To Indonesian Coffe Festival yang diadakan di Bandung dan meraup ratusan penikmat kopi untuk datang dan mengapresiasikan ketertarikan mereka di dunia industri kopi Indonesia.

No comments:

Post a Comment