Wednesday, December 25, 2013

Belgia Investasikan 2,24 Persen PDB Pada Riset Ilmu Pengetahuan

Belgia telah mengalahkan rekor investasi dalam riset dan pengembangan pada 2012, mengeluarkan 2,24 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun ini, kata Menteri Kebijakan Ilmu Pengetahuan Philippe Courard pada Selasa.

Angka ini mewakili 8,4 miliar euro dan hampir 95.000 lapangan pekerjaan. Perusahaan-perusahaan swasta bertanggung jawab atas 68 persen dari investasi dalam penelitian dan pengembangan ini.

Investasi dalam riset dan pengembangan di Belgia meningkat selama sepuluh tahun terakhir, sementara di tetangganya, dengan pengecualian Jerman, sebagian besar dalam situasi yang kurang menguntungkan, kata Courard.

Investasi dalam riset dan pengembangan di Belgia lebih tinggi dari rata-rata Uni Eropa sebesar 2,06 persen, sedangkan Eropa meminta negara-negara anggotanya untuk mengalokasikan setidaknya tiga persen dari PDB di kawasan ini, ambang batas yang Belgia harapkan bisa dicapai pada 2020.

Di seluruh Eropa, kredit untuk penelitian berkurang di tengah penghematan, kata Courard, namun demikian, "itu adalah ide yang buruk, karena di negara seperti kami, tanpa sumber daya alam, penelitian dan pengembangan adalah deposito riil lapangan pekerjaan," katanya yang dilansir Xinhua.

No comments:

Post a Comment