Tuesday, December 17, 2013

PT Cemindo Gemilang Targetkan Produksi Semen Sebanyak 5,5 Juta Ton Per Tahun

PT Cemindo Gemilang menargetkan kapasitas produksi semen sebanyak 5,5 juta ton per tahun pada 2015. Saat ini, produsen semen dengan merek dagang Semen Merah Putih itu memiliki kapasitas 1 juta ton semen yang diperoleh dari pabriknya di Vietnam, yakni Chinfon Cement Corporation.

Direktur Utama Cemindo Ateng Selamat menjelaskan, jumlah tersebut akan ditambah dari pabrik baru di daerah Lebak, Banten, dengan kapasitas 3,7 juta ton per tahun. Total nilai investasinya yakni US$ 600 juta (Rp 6,86 triliun). "Akan selesai pertengahan 2015, saat ini sudah mulai konstruksi," katanya saat ditemui di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu, 18 September 2013.

Selain itu, tambahan kapasitas juga diperoleh dari dua proyekgrinding plant di daerah Ciwandan dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Keduanya memiliki kapasitas sebesar 750 ribu ton. Proyek ini rencananya selesai pada akhir 2013 sehingga kapasitas produksi terpasang perseroan mencapai 1,75 juta.

Perseroan melihat pasar semen di Indonesia masih besar. Meski terbilang baru di industri, Cemindo membidik pangsa pasar sebanyak 8 persen dari angka konsumsi semen domestik pada 2015, yang diprediksi mencapai 60 juta ton per tahun. "Beberapa produsen lain juga sedang melakukan ekspansi, tapi tidak memenuhi kebutuhan konsumsi semen domestik, jadi pasar kita masih luas," kata Ateng.

Dengan potensi tersebut, perseroan juga telah bersiap untuk meningkatkan kapasitas pabrik yang telah ada. Rencana tersebut juga telah mempertimbangkan perlambatan pertumbuhan ekonomi. "Pabrik disiapkan untuk line kedua. Diharapkan dengan pabrik selesai, kami memiliki brand yang kuat di pasar,” kata Ateng.

No comments:

Post a Comment