Thursday, December 12, 2013

Daftar Perusahaan Berkinerja Terbaik

Lembaga konsultan Bain & Co, yang berbasis di Boston menerima predikat sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja 2014. Predikat ini diberikan oleh komunitas karir Glassdoor, lembaga yang selama enam tahun ini menggelar survei tentang perusahaan terbaik yan terbaik untuk bekerja. 

Bain & Co memang sering mendapat gelar tempat terbaik untuk kerja. Vault Consulting menobatkannya sebagai firma terbaik untuk bekerja. Pada tahun ini, Bain & Co dinilai tempat kerja paling mengapresiasi kesetaraaan, terutama untuk kalangan LGBT.

Penobatan ini berdasar survei terhadap para karyawan antara 14 November 2012 - 12 November 2013. Sekitar setengah juta karyawan, secara anonim memberikan nilai atas perusahaan tempat kerja mereka. Ada 18 pertanyaan diantaranya tentang kepuasan mereka dengan perusahaan mereka secara keseluruhan dan faktor tempat kerja utama, seperti peluang karir, kompensasi dan tunjangan, keseimbangan kehidupan dan kerja, manajemen senior, budaya dan nilai-nilai.

Menurut juru bicara Glassdoor, Samantha Zupan memilih tempat kerja adalah salah satu keputusan yang susah bagi seseorang. "Mereka butuh informasi lebih lanjut sehingga mereka dapat membuat keputusan karir yang lebih baik," kata Zupan, Kamis (12/12) waktu Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang masuk daftar memiliki komitmen kepada karyawan untuk menciptakan tempat kerja yang positif dan menyenangkan.

Bain & Co meraih nilai 4,6 dari total nilai 5. Dua tahun lalu, Bain juga mendapat predikat yang sama. Tahun lalu, perusahaan ini meraih ranking keempat. Seorang karyawan Bain, dengan anonim menyatakan, bagian terbaik tentang bekerja di Bain adalah orang-orangnya. "Mereka membuat budaya fantastis, memberikan pengembangan dan pembinaan profesi, dan membuat pekerjaan yang menyenangkan," tulisnya. Karyawan lain mengatakan bekerja di Bain menarik dan berdampak. "Jarang ada hari membosankan, apalagi proyek membosankan ," tulisnya.

Jejaring sosial Twitter, mendapat predikat nomer dua dengan nilai sama, 4,6. Beberapa alasan terbaik untuk bekerja di Twitter , menurut karyawan meliputi: komunikasi yang konsisten dari CEO Dick Costolo, tunjangan besar, pekerjaan menantang , dan terutama orang-orang berbakat yang membentuk kultur karyawan, "kata Zupan. Twitter menawarkan manfaat medis yang lengkap, kebijakan liburan yang longgar, rencana tabungan sekitar Rp 5 miliar, cuti dalam tanggungan, sarapan dan makan siang di kantor nya San Francisco, keanggotaan gym, yoga, pilates di kantor dan layanan binatu dan dry cleaning.
Seorang karyawan di Twitter menulis, "Twitter adalah tempat yang sangat transparan . Kami menentukan arah sendiri, tidak menyalin pedoman yang ditetapkan oleh perusahaan lain," tulisnya.

Peringkat ketiga adalah jejaring sosial bisnis, Linkedin , yang mengantongi nilai yang sama pula, 4,6. Karyawan di perusahaan yang berpusat di California itu mengaku memiliki lingkungan kerja kolaboratif, keseimbangan antara hidup dan kerja, manfaat yang menarik dan fasilitas . Perusahaan dengan kantor di 26 kota di seluruh dunia ini berhasil menyatukan visi perusahaan dengan visi karyawan, yakni menemukan gairah dan tujuan dalam pekerjaan dan mengubah karir mereka. Seorang karyawannya menulis, LinkedIn adalah sebuah perusahaan yang benar-benar peduli tentang karyawan , memberikan kesempatan untuk berkembang profesional dan transformasi karir. "Saya berharap datang setiap hari untuk bekerja, dan merasa terinspirasi oleh semua orang di sekitar saya," tulisnya.

Berurutan dari peringkat 4-10 beserta nilainya adalah Eastman Chemical Company (4,5), Facebook (4,5), Guidewire (4,5), Interactive Intelligence (4,3), Google (4,3), Orbitz (4,3) dan Nestle Purina (4,3).

No comments:

Post a Comment