Thursday, July 5, 2012

Pasar Propreri Di Bekasi Telah Jenuh

 Pasar properti masih terus bertumbuh lebih dari 20% sepanjang semester I-2012. Real Estate Indonesia (REI) bahkan memprediksi pertumbuhan properti terpesat terjadi di Bogor dan Depok.

Ketua DPP REI, Setyo Maharso mengaku, dua wilayah ini masih prospektif. Bahkan mengalahkan wilayah Tangerang dan Bekasi yang dikenal banyak memasok rumah-rumah baru.

"Arahnya ke Bogor, Depok. Tangerang masih pengaruh. Bekasi jenuh," kata Setyo di Jakarta, Kamis (28/6/2012).

Namun secara umum industri properti masih tumbuh, mengingat masih besarnya backlog perumahan. Rumah-rumah baru terus muncul khususnya di pulau Jawa. 

"60% pembangunan ada di Jawa. Dari itu, 40% banyak tumbuh di Jabodetabek," tambahnya. 

Ia menambahkan, komitmen pengembang untuk menciptakan kawasan baru terus berjalan. Cita-cita menghadirkan 10 kota baru seperti Bintaro dan BSD City menjadi semangat baru REI.

10 kawasan pemukinan baru ini tersebar di provinsi Sumatera Utara, Riau, Palembang, Banten-DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

"Kita sudah MoU tahun lalu untuk 10 kota baru, ada di Maja (Banten), Semarang, Gresik Selatan, Bajar Baru, Kutai, Jakabaring Palembang, dan Sumatera Utara dekat bandara baru," tutur Setyo.

No comments:

Post a Comment