Monday, July 30, 2012

PT Citilink Indonesia Akan Jual Tiket Penerbangan Murah Di Mini Market

Citilink akan mengembangkan berbagai strategi untuk membuat pasar melirik mereka sebagai pilihan maskapai penerbangan murah. “Kami akan banyak membuka channel distribusi,” kata CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo, Rabu 25 Juli 2012. Salah satunya adalah dengan menjual tiket pesawat di minimarket. “Seperti tiket kereta api yang sekarang bisa dibeli dimana-mana, tapi ini masih negosiasi,” kata Arif.

Citilink memang harus berjuang untuk menembus kompetisi sengit di bisnis penerbangan Indonesia. Saat ini, sejumlah pemain besar sudah merajai sektor legit ini. Ada Lion Air, Sriwijaya dan Batavia yang baru saja diakuisisi Air Asia.

Untuk menghemat biaya, Citilink akan menggunakan satu jenis pesawat saja. “Tahun depan Boeing 737 kami phase out. Kami hanya menggunakan satu jenis pesawat saja, Airbus A320,” kata Arif. Selain itu, penjualan tiket langsung juga digencarkan. “Kalau lewat agen perjalanan, kami harus bayar komisi sampai 5 persen,” katanya. 


Setelah mandiri dari Garuda Indonesia dan bersalin rupa menjadi perseroan, pada Senin 30 Juli 2012 ini, PT Citilink Indonesia akhirnya resmi melepas nomor penerbangan GA dan menggunakan nomor penerbangan baru QG. 

Peralihan itu menandai babak baru industri penerbangan berbiaya murah besutan Garuda. CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo, mengaku siap bersaing dengan pemain-pemain kawakan di segmen ini. Tak hanya menyasar kue bisnis di segmen low cost carrier, Citilink berencana mengembangkan bisnis penerbangan jarak dekat dengan pesawat baling-baling (propeller). 

“Kami optimistis melihat pasar dan prospek di Indonesia,” kata Arif, Rabu 25 Juli 2012. Saat ini pendapat per kapita Indonesia di atas US$ 3.500. Menurut Arif, begitu pendapatan mendekati US$ 5.000, penumpang perjalanan dengan pesawat udara akan terus berlipat ganda. 

Selain itu, kata dia, jika pertumbuhan ekonomi 6-7 persen, maka pertumbuhan lalulintas udara domestik Indonesia juga akan naik dua kali lipat, atau sekitar sekitar 14 persen dari total lalulintas udara. “Pada 2011 lalu, jumlah penumpang penerbangan domestik kita 60-an juta, dan sekitar 60-70 persennya adalah penumpang untuk segmen middle down,” kata Arif. 

Berdasarkan pertimbangan itulah, Citilink menyasar konsumen kelas menengah bawah dengan menjadi maskapai penerbangan murah (low cost carrier) yang bisa diandalkan. Menurut Arif, Citilink sudah mendapatkan 70 rute domestik dan 16 rute regional. 

No comments:

Post a Comment