Wednesday, September 1, 2010

Anak Usaha Indofood Akan Lepas Saham

PT Indofood CBP Sukses Makmur, anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), akan melepas 1.166.191.000 saham atau setara dengan 20 persen dari total saham perseroan.

Pelepasan saham itu akan dilakukan melalui penawaran saham perdana kepada publik (IPO). Perseroan menetapkan harga saham perdana pada kisaran Rp 4.300-Rp 5.500 dengan target perolehan dana Rp 5 triliun-Rp 6,4 triliun.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) Hendra Wijaya, saat pemaparan publik, Rabu (1/9), mengatakan, sekitar 70 persen dana hasil IPO akan dipakai untuk melunasi utang, sedangkan sisanya digunakan untuk belanja modal perseroan.

Direktur INDF Thomas Tjhie mengatakan, saat ini total utang ICBP Rp 5,2 triliun. Utang itu terdiri dari Rp 4,1 triliun kepada pemegang saham dan sisanya Rp 1,1 triliun ke beberapa bank.

Sebagai penjamin pelaksana emisi ditunjuk PT Kim Eng Securities, PT Credit Suisse Securities Indonesia, PT Deutsche Securities Indonesia, dan PT Mandiri Sekuritas.

Head of Corporate Finance PT Kim Eng Securities Setiawan Darmawidjaja mengatakan, saham ICBP akan lebih banyak ditawarkan kepada investor institusi karena umumnya memiliki komitmen jangka panjang.

Menurut Setiawan, penawaran awal saham perdana di Indonesia dilakukan pada 1-2 September 2010. Setelah itu, perseroan dan penjamin emisi mulai menawarkan saham perdananya di Indonesia.

Penawaran saham juga akan dilakukan di Singapura, Hongkong, London, dan Amerika Serikat. Menurut Hendra, pihaknya akan menyiapkan dana Rp 1,9 triliun untuk pengembangan usaha produk mi instan

No comments:

Post a Comment