Monday, August 2, 2010

Penjualan Bahan Bangunan Kembali Mengalami Kenaikan Tajam

Permintaan terhadap bahan bangunan selama semester I tahun 2010 terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pesat industri properti pascakrisis ekonomi global.

Peningkatan ini antara lain tecermin dari pertumbuhan penjualan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), salah satu perusahaan distributor bahan bangunan, kimia, dan consumer goods terbesar di Indonesia.

Berdasarkan laporan keuangan CSPA, yang diumumkan pada Senin (2/8), selama semester I tahun 2010 perseroan berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 1,6 triliun atau naik 15 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 1,4 triliun.

Peningkatan penjualan ini mendorong pertumbuhan laba bersih perseroan sebesar 17 persen, dari Rp 16 miliar pada Semester I tahun 2009 menjadi Rp 19 miliar pada semester I tahun 2010.

Direktur CSAP Tjia Tjhin Hwa menjelaskan, laba bersih sebesar itu telah mencapai 73 persen dari target laba bersih perseroan tahun 2010, sebesar Rp 26 miliar.

Apalagi, kata Tjia Tjhin Hwa, sektor properti dipercaya sebagai salah satu sektor yang akan tumbuh pesat pada 2010. Hal ini sejalan prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,5-6 persen dan tingkat inflasi yang terjaga sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.

Menurut Tjia Tjhin Hwa, untuk mendorong pertumbuhan penjualan tahun ini, perseroan masih mengandalkan segmen ritel modern.

Semester ini, segmen ritel modern berhasil tumbuh sekitar 23 persen dan perolehan ini memastikan bahwa kinerja perseroan telah berada di jalur yang tepat.

Sementara itu, pada semester I tahun 2010, operator telepon seluler terbesar ketiga di Indonesia, PT XL Axiata Tbk, berhasil membukukan laba bersih Rp 1,3 triliun atau naik 87 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini didorong oleh peningkatan laba usaha sebesar 35 persen menjadi Rp 8,5 triliun dan jumlah pelanggan sebesar 43 persen menjadi 35,2 juta pelanggan.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, peningkatan kinerja perseroan tersebut didukung oleh peningkatan pendapatan dari layanan data yang diberikan perseroan, yaitu sebesar 271 persen dibanding periode yang sama tahun 2009

No comments:

Post a Comment