Sunday, August 1, 2010

Ribuan Mobil Baru Terjual Di Arena Pekan Raya Jakarta

Meski sejumlah agen tunggal pemegang merek otomotif tidak memasang target penjualan, pameran Indonesia International Motor Show ke-18 tahun 2010 yang secara resmi ditutup Minggu (1/8) malam berhasil menjual ribuan unit mobil.

Pameran yang berlangsung sepuluh hari, 23 Juli-1 Agustus 2010, di Arena Pekan Raya Jakarta ini mengangkat tema ”Eco-technology Motoring”.

Ketua Pelaksana IIMS 2010 Johnny Darmawan mengatakan, pameran ini merupakan pameran internasional tersukses yang diselenggarakan di Indonesia. Target pengunjung diperkirakan mencapai 260.000 orang.

”Perlu diingat, pameran ini tetap mengedepankan teknologi- teknologi terbaru dengan mengutamakan keramahan terhadap lingkungan. Bukan lagi sekadar mengutamakan penjualan, walaupun ATPM tetap tidak dapat menghindari, apabila ada permintaan pembelian mobil,” kata Johnny.

Total penjualan mobil merek Toyota sebanyak 4.474 unit, sedangkan total penjualan mobil Honda 1.568 unit.

Direktur Pemasaran, Pelayanan Penjualan, dan Purnajual Marketing, Sales and After Sales, PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, dalam IIMS tahun 2009, penjualan Honda mencapai 1.180 unit.

Jonfis mengatakan, sebagai komitmen kepedulian terhadap lingkungan, Honda akan meneruskan program penanaman pohon sesuai jumlah penjualan mobilnya dalam IIMS.

Loyalitas pelanggan

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan, sampai Sabtu malam, surat pemesanan kendaraan sebanyak 312 unit.

Direktur PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho mengatakan, penjualan Suzuki dalam IIMS 2010 ditargetkan 600 unit. Target ini kecil karena penjualan Suzuki sebagian sudah tersedot waktu acara Pekan Raya Jakarta, yaitu sebanyak 1.115 unit.

Direktur Pemasaran PT Ford Indonesia Davy Tuilan mengatakan, penjualan mobil Ford hingga Sabtu mencapai 350 unit dengan nilai sekitar Rp 63 miliar.

Berdasarkan studi JD Power Asia Pacific, Toyota menduduki peringkat teratas untuk layanan purnajual dealer resmi dengan nilai rata-rata Customer Service Index (CSI) 758. Di tempat kedua, Hyundai dan Nissan masing-masing dengan nilai 752 dan 750. Studi ini menyebutkan bahwa rekomendasi dan faktor loyalitas pelanggan berhubungan erat dengan tingkat performa dealer.

”Sambutan dealer kepada pelanggan sesaat setelah tiba dapat memulai kunjungan servis secara positif dan juga mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai servis kendaraan,” kata Rejeev Nair, Country Manager JD Power Asia Pacific, Singapura, dalam siaran persnya semalam. JD Power merupakan perusahaan jasa informasi pemasaran global.

No comments:

Post a Comment