Tuesday, March 6, 2012

AirAsia Akan Tambah Penerbangan Domestik

Maskapai AirAsia akan meningkatkan penerbangan domestik dari sebelumnya 25 menjadi 30 persen. “Kami akan memperkuat hub Surabaya, Denpasar, Bandung, Jakarta, Medan,” kata Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia, Dharmadi, Selasa, 6 Maret 2012.

 Jumlah penumpang ditargetkan meningkat 15 persen menjadi 6 juta. Untuk mendukung pencapaian target itu,Dharmadi mengklaim tidak mengambil jatah penumpang maskapai lain. “Lebih dari setengah jumlah penumpang kami adalah penumpang yang benar-benar baru naik pesawat," katanya.

 Ia mengatakan kontribusi pendapatan 82 persen disumbang dari penjualan tiket. Sisanya dari nontiket (auviliarries) yakni biaya bagasi, makanan, serta asuransi. Tahun ini maskapai yang terkenal dengan konsep tarif murah (low cost carrier – LCC) akan menambah 4 unit pesawat Airbus 320. Dengan demikian, AirAsia akan mengoperasikan 21 unit pesawat hingga akhir tahun 2012. “Pesawat baru itu akan didatangkan secara bertahap pada April, Juli, November, dan Desember,” ujarnya.

Setelah tujuh tahun, AirAsia memutuskan tak lagi memakai Boeing untuk armada mereka. Perusahaan penerbangan berbiaya murah (low cost carrier) itu kini menerapkan kebijakan single fleet, yang hanya akan memakai pesawat Airbus, terutama Airbus 320.

Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia Dharmadi mengatakan kebijakan single fleet, atau satu merek, dilakukan untuk meningkatkan efisiensi. "Pesawat ini hemat bahan bakar hingga 15 persen," kata dia saat perayaan acara "100 Persen Airbus" di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa, 6 Maret 2012. Kelebihan lain, Dharmadi menambahkan, Airbus memiliki lorong yang lapang, pencahayaan baik, dan tingkat kebisingan rendah.

Kebijakan single fleet, ia menambahkan, akan menekan biaya pelatihan awak pesawat karena hanya melatih untuk satu tipe pesawat. "Sama halnya dengan suku cadang. Kami hanya menyediakan untuk Airbus, tak perlu menyediakan yang lain," katanya.

Airbus juga diyakini berteknologi canggih dan memiliki kamera elektronik di kokpit, sehingga lebih menjamin keamanan penumpang karena pilot bisa diawasi dari perilaku menyimpang. "Nanti kami akan bawa sistem navigasi elektronik, sehingga tak perlu bawa navigation bag lagi. Tinggal bawa iPad, bisa keliling dunia," kata Dharmadi.

Saat ini AirAsia mengoperasikan 17 unit Airbus 320 dengan total penumpang tercatat lebih dari 20 juta. Awalnya, perseroan hanya mengoperasikan 4 unit Boeing 737-300. Perusahaan akan menambah 4 unit Airbus lagi tahun ini, sehingga pada akhir 2012 akan mengoperasikan 21 unit.

No comments:

Post a Comment