Friday, March 30, 2012

Strategi Bisnis IKEA Yang Sudah Lama Buka Pabrik Di Solo dan Semarang

Sebelum digaet oleh Hero, ternyata pabrik IKEA sudah lama berada di Indonesia. "Di Solo sudah lima tahun lebih, di Semarang juga ada. Tapi saya yakin juga ada di banyak kota lainnya," ujar Ketua Asmindo, Ambar Cahyono, Kamis, 29 Maret 2012.

Pabrik yang ada di Indonesia tidak menggunakan merek IKEA, tapi menggunakan nama Indonesia. "Walau nama pabriknya bukan IKEA, tapi label produknya IKEA 100 persen," katanya. 

Furnitur asal Swiss tersebut bekerja sama dengan para perajin Indonesia. "Di Solo saja, karyawannya banyak. Lebih dari 1.000 orang."

IKEA yang sudah lama ada di Indonesia mengekspor produk ke luar negeri untuk kebutuhan apartemen yang menyenangi mebel murah. "Selain ada pabrik di Indonesia, IKEA juga punya pabrik di Cina dan Vietnam," ucap Ambar.

Publikasi Hero yang menggaet IKEA saat ini menyiratkan bahwa Indonesia sudah mulai dianggap sebagai pasar yang baik. "Sepertinya begitu. Karena akan dijual ke Indonesia, makanya Hero bekerja sama dengan IKEA," katanya.

Ambar memperkirakan sistem penjualan IKEA akan mirip seperti mal-mal di Amerika. "Misalnya beli produk tertentu di Hero, maka bisa dapat potongan harga untuk produk IKEA."

Juru bicara Hero, Vivien Goh, belum mau berkomentar. "Kami hanya bisa menjelaskan dari apa yang kami sampaikan untuk keterbukaan informasi saja beberapa waktu lalu," ucap Vivien. Semua pernyataan di luar pernyataan Hero, ia tidak mau berkomentar.



 IKEA atau Inter IKEA System BV, Perusahaan furnitur raksasa asal Swedia ini bersiap buka toko di Indonesia. Dan ternyata, IKEA sudah menjalin kerja sama dengan industri lokal di Solo, Jawa Tengah. Produk yang dihasilkan industri lokal itu akan dipasarkan IKEA ke pasar internasional.


" IKEA membuka lahan pekerjaan outsource dengan mengambil bahan baku serta pengrajin dari Indonesia" kata Ketua Umum Asosiasi Industri dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Ambar Cahyono kepada Tempo yang menghubunginya, Selasa 27 Maret 2012. " Pabriknya yang terbesar ada di Solo. Di Yogya juga ada"

Seperti diketahui, IKEA  mengandeng PT Hero Supermarket Tbk untuk mengoperasikan toko IKEA di Indonesia. Perjanjian pengembangan waralaba dengan Hero itu diteken 22 Maret 2012.
Berdasarkan penjelasan tertulis Hero yang dipublikasikan Senin 26 Maret 2012, IKEA memberikan hak dan kewajiban kepada Hero untuk membuka dan mengoperasikan toko IKEA. Setiap toko IKEA yang dibuka berdasarkan perjanjian pengembangan waralaba itu, Hero dipersyaratkan mengikuti sejumlah prosedur.Di antaranya mendapatkan izin dan persetujuan dari pemerintah untuk pengembangan serta pengoperasian dari setiap toko IKEA
Menurut Ambar, IKEA yang memiliki target pasar menengah ke bawah menjadi ancaman bagi merek yang memiliki target yang sama, misalnya Olympic. Namun Ambar optimistis perindustrian mebel menengah ke bawah di Indonesia tidak akan terpengaruh. "Justru ini menjadi cambuk agar produk kami bisa berkembang lebih baik. Jadi kami tidak takut," katanya. Indonesia, kata Ambar,  sudah menjadi bagian dari pasar global dan masuknya produk luar tidak dapat dihindari. "Apalagi banyak orang di luar menganggap bahwa perekonomian Indonesia stabil," katanya.

Meski begitu, Ambar tetap berharap agar pemerintah lebih berpihak pada produk lokal."Misalnya dalam hal pajak. Pemerintah harus bisa menetapkan pajak yang seharusnya terhadap IKEA," katanya.
IKEA adalah salah satu perusahaan perabot terbesar di dunia. Berpusat di Delft, Belanda, IKEA memiliki 287 toko di 33 negara. IKEA merupakan kepanjangan dari nama pendiri dan asal pendiri, yaitu Ingvar Kamprad dan kampung halamannya, Elmtaryd, Desa Agunnaryd, di Swedia Selatan.

IKEA mulai beroperasi di Swedia pada 1943. Desain produk IKEA bergaya Skandinavia. Perusahaan ini selalu menurunkan harga 2-3 persen setiap tahun.

Di Rusia, pelanggan rata-rata membelanjakan US$ 85 setiap berkunjung. IKEA memiliki 25 toko di Amerika Serikat. Penjualan di negeri Abang Sam itu menyumbangkan 11 persen pendapatan.

Namun ceruk terbesar berada di pasar Jerman, yaitu menyumbangkan 20 persen dari pendapatan. Pada 2011, penjualan menurun di Inggris, tapi menguat di Cina, Rusia, dan Polandia.

Penjualan tumbuh mencapai 6,9 persen menjadi 24,7 miliar euro per 31 Agustus 2011. Laba bersih naik 10,3 persen atau 3 miliar euro. Direktur Keuangan IKEA Soeren Hansen mengatakan akan menyiapkan terobosan menurunkan harga 5 persen untuk meningkatkan penjualan di Inggris.

Pada 2012 IKEA menambah investasi 3 miliar euro untuk memperluas pasar di India. Perusahaan juga berencana menambah dan mengembangkan toko di Cina, Jepang, Finlandia, dan Italia. Pada 2010 IKEA mampu mencapai pendapatan 23,5 miliar euro dan laba bersih 2,7 miliar euro.

1 comment: