Tuesday, March 6, 2012

HSBC Tantang Mahasiwsa Untuk Berwirausaha

HSBC Indonesia menggelar kompetisi kewirausahaan muda. Targetnya menjaring 200 peserta. Head of Communications & Corporate Sustainability HSBC Indonesia Maya Rizano mengatakan bahwa kompetisi ini bertujuan menantang kemampuan kewirausahaan mahasiswa melalui pembuatan business plan yang kreatif dan inovatif. "Mahasiswa tidak hanya menjadi job seeker, melainkan juga job creator," kata Maya seusai acara peluncuran "Young Enterpreneur Challenge", Sabtu, 3 Maret 2012.

Maya mengatakan bahwa mahasiswa sebagai kaum muda diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada kegiatan bisnis di Indonesia. Semangat untuk menumbuhkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa ini, kata Maya, karena mahasiswa diharapkan menjadi katalisator perekonomian bangsa. "Anak muda zaman sekarang memiliki wawasan yang luas, inovatif, dan kreatif," kata Maya.

Kompetisi ini, kata dia, akan berlangsung mulai Maret hingga Juli 2012. Peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah mahasiswa strata 1 dan strata 2 Indonesia, dengan bentuk tim yang beranggotakan 2-4 orang. Maya menambahkan, meski berstatus mahasiswa, peserta tidak akan terikat dengan nama universitasnya. "Yang kami ambil nanti business plan yang mereka buat," kata Maya.

Deputi Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Agus Muharam mengatakan bahwa pemerintah melalui Kemenkop UKM mendukung inisiatif HSBC ini. Menurut dia, dengan ajang ini, dapat mendorong generasi muda yang memiliki semangat dan modal kuat untuk menjadi wirausahawan. "Banyak pemuda yang setelah lulus kuliah hanya bertahan dalam zona aman dengan mencari kerja. Jarang yang berani untuk mengambil langkah membuka lapangan kerja baru dengan berwirausaha," tutur dia.

Berdasarkan data kajian Kemenkop UKM pada Januari 2012, jumlah wirausahawan di Indonesia baru mencapai 1,56 persen dari total penduduk Indonesia, atau sekitar 3.744.000 orang. Sedangkan dari puluhan ribu lulusan baru perguruan tinggi, hanya sekitar 17 persen yang berminat menjadi wirausahawan. "Dengan ajang ini, diharapkan banyak pemuda yang menjadi wirausahawan untuk mengembangkan produk-produk Indonesia agar lebih kompetitif dan berdaya saing," kata Agus.

No comments:

Post a Comment