Friday, March 30, 2012

XL Targetkan 14 Juta Pelanggan Aktif dan Setia

Operator seluler PT XL Axiata Tbk menargetkan 14 juta pelanggan aktif data pada 2012, naik dua kali lipat dibanding penggunaan data 2011 sekitar 7 juta pelanggan.

"Tahun ini (2012) kami akan menggenjot pengguna pelanggan data aktif," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan di Jakarta, Rabu.

Ongky menjelaskan, untuk mencapai target tersebut perusahaan meningkatkan manajemen pelayanan yang lebih baik.

Saat ini, katanya, dari 48 juta pelanggan seluler, 27 juta nomor di antaranya terhubung data dan Internet. Namun baru 7 juta yang benar-benar aktif atau secara rutin mengakses data.

XL mengalokasikan investasi sekitar 10 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan, khususnya di jasa data.

"Dari belanja modal (capex) XL sebesar Rp7 triliun-Rp8 triliun 2012, sebesar 60 persen digunakan untuk data," ujarnya.

Dari 60 persen tersebut, Direktorat Service Management XL memperoleh sekitar 10 juta dollar AS untuk mengembangkan proses bisnis data, konfigurasi, introduce, dan monitoring tools.

Pendapatan

Ongky menjelaskan, pada 2012 XL fokus kepada kualitas layanan data demi meningkatkan pertumbuhan pendapatan dari jasa tersebut.

"Kontribusi data terhadap pendapatan baru sekitar 15 persen. Tahun ini rencananya akan dinaikkan menjadi dua kali lipat dari tahun sebelumnya (2011) yakni Rp2,21 triliun," ujarnya.

Menurutnya, pengguna data reguler adalah profil pengguna yang menggunakan media smartphone, modem, dan tablet untuk mengakses data.

Periode Februari 2012, jumlah pelanggan BlackBerry di jaringan XL mencapai 2,5 juta nomor, pelanggan Internet via modem 150.000 nomor, iPhone 75.000, dan pelanggan iPad 40.000 nomor.

Dijelaskan, pendapatan rata-rata per pelanggan (ARPU) data campuran XL mencapai Rp32.000, sementara ARPU pelanggan BlackBerry masih tinggi di kisaran Rp100.000.

Adapun trafik penggunaan data tumbuh sebesar 295 persen dari 2,7 Petabyte tahun 2011 menjadi 10,6 Petabyte di tahun 2012.

Saat yang bersamaan XL juga akan mengembangkan layanan 3G hingga di 40 kota, dari sebelumnya di 6 kota besar.

Selain itu juga akan menambah jaringan serat optik sepanjang 3.000 km, dari serat optik yang sudah ada saat ini sepanjang 17.000 km.

"Pembangunan kabel bawah laut sepanjang 3.000 km yang membentang di sebelah barat Sumatera itu sudah dimulai yang diharapkan rampung dalam enam bulan ke depan," ujarnya.

XL juga meneruskan program penguatan redudance ke jaringan internet internasional melalui Singapura.

"Sebagian besar server konten masih berada di luar negeri, dan hanya sedikit yang merupakan akses server dalam negeri," ujarnya. Operator seluler PT XL Axiata Tbk menargetkan pelanggan aktif layanan data mencapai 9 juta per hari pada 2012, naik dibanding sekitar 5-6 juta pelanggan aktif per hari selama 2011.

"Peningkatan pelanggan aktif layanan data terutama dipicu penambahan pelanggan baru pengguna kartu XL KL1K," kata Direktur Marketing XL Joy Wahyudi, di sela peluncuran kartu perdana XL KL1K, di Jakarta, Selasa.

Menurut Joy, kartu perdana KL1K merupakan satu-satunya kartu prabayar di Indonesia yang dilengkapi dengan aplikasi khusus hanya dengan satu klik pengguna seluler dapat terhubung dengan berbagai aplikasi social networking, chatting, dan social games.

Pelanggan secara mudah langsung terhubung dengan aplikasi Facebook, Yahoo Messenger, Blaast Messenger, mig33, social games Monster Fight, dan Twitter.

"Dengan keistimewaan XL KL1K, pelanggan dapat menikmati pengalaman berinternet tanpa harus memiliki tipe smartphone atau tipe handset tertentu," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Joy, peluncuran kartu perdana KL1K ini merupakan upaya XL untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih baik bagi seluruh lapisan masyarakat dalam penggunaan data.

Kebutuhan masyarakat akan layanan data seringkali menjadi terbatas karena kendala teknis dan harga ponsel.

Saat ini sebanyak 85 persen pelanggan masih menggunakan ponsel dengan kemampuan dasar (basic)yaitu GPRS, atau baru 15 persen yang telah menggunakan smartphone.

"Ini menjadi sasaran, agar bagaimana pelanggan yang memiliki ponsel tidak terlalu canggih juga dapat menikmati fitur data," ujarnya.

Karena itu tambah Joy, kartu KL1K juga dedikasikan bagi masyarakat pengguna ponsel dasar yang didukung Java maupun GPRS sudah dapat mengakses enam aplikasi sekaligus.

Tarif untuk akses ke aplikasi yang ditawarkan juga lebih murah, yaitu gratis untuk 14 hari pertama setelah aktivasi, dan setelah itu hanya Rp1/KB.

Sesungguhnya ia menambahkan, dari 46,4 juta pelanggan XL pada 2011, sebanyak 25,5 juta di antaranya pernah terhubung dengan layanan data.

Trafik penggunaan data selama tahun tahun 2011 mencapai 10,6 pentabyte, diperkirakan bisa melonjak hingga tiga kali lipat pada 2012.

No comments:

Post a Comment