Friday, March 23, 2012

PT Bosowa Metal Industri Bangun Pabrik Nikel Di Jeneponto Sulawesi Selatan

 PT Bosowa Metal Industri akan membangun pabrik pengolahan nikel (smelter) di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Pembangunan ini memiliki total investasi US$ 330 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun, dan akan mulai dibangun pada Agustus 2012.

"Investasi ke depan sebesar US$ 330 juta," ujar Chief Executive PT Bosowa Metal Industri Munafri pada penandatangan MOU pembelian listrik dari PLN di kantor PLN Pusat, Jakarta, Kamis (22/03/2012).

Bosowa membutuhkan pasokan listrik sebesar 75 megawatt (MW), dan PLN menyatakan kesediaannya untuk memasok kebutuhan listrik tersebut.

Pembangunan smelter yang akan dibangun di atas lahan seluas 50 ha tepat di samping PLTU Jeneponto ini diperkirakan akan memakan waktu selama 2 tahun, dan ditargetkan akan menghasilkan nikel 10 ribu ton setiap tahunnya.

Munafri mengatakan, pembangunan pabrik ini juga mendukung upaya pemerintah dalam program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan (MP3EI), terutama di Kawasan Timur Indonesia.

"Dengan adanya smelter ini, kita berharap ada ketersediaan bahan baku nikel mencukupi untuk program pembangunan khususnya MP3EI koridor Sulawesi," tutur Munafri.

Saat ini, anak usaha PT Bosowa yang lainnya yaitu PT Bosowa Energy juga hampir merampungkan pembangunan PLTU Jeneponto 2x125 MW senilai US$ 250 juta. Diharapkan dengan beroperasinya PLTU ini bisa mencukupi kebutuhan listrik di Sulsel.

No comments:

Post a Comment