Friday, September 5, 2014

Cara Membeli Tiker Kereta Api Melalui Smartphone

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan aplikasi pemesanan tiket melalui telepon selularpintar (smartphone) bernama KAI Access. Cara ini memudahkan calon penumpang karena bisa mendapatkan tiket dalam waktu kurang dari satu menit. 

Aplikasi KAI Access bisa diperoleh secara gratis di PlayStore atau App Store. Untuk mengunduh aplikasi tersebut, ketik kata kunci Kereta Api Indonesia Access dan ikuti prosedur instalasinya.

Setelah terinstalasi dengan baik, muncul pilihan login dan registrasi. Calon penumpang kemudian diminta mengetikkan nomor telepon, kata sandi, alamat e-mail, nama lengkap, nomor identitas (KTP/ SIM/ Passport), tanggal lahir, dan alamat sesuai identitas. Jika semua kolom sudah terisi, klik sign up. Lalu tunggu sebentar hingga muncul pesan pendek (SMS) aktivasi kode enam digit.

Jika sudah mendapat kode aktivasi, akses menu login dan masukkan nomor ponsel dan berikut kata sandi yang sudah didaftarkan. Setelah memasukkan kode aktivasi, calon penumpang sudah bisa memesan tiket melalui KAI Access. Setelah menekan menu Pesan Tiket, masukan stasiun keberangkatan, tujuan, tanggal berangkat, jumlah penumpang, dan opsi rute sekali jalan atau pulang pergi.

Setelah memilih kereta dan menentukan cara pembayaran tiket, calon penumpang bisa memilih nomor kursi. Namun, opsi ini terbatas, yakni selama kursi yang diminati masih kosong. Selesai mendaftarkan keberangkatan melalui KAI Access, tiket yang sudah dipesan harus dibayar paling lambat empat jam. Jika tidak, pemesanan akan dibatalkan secara otomatis.

No comments:

Post a Comment