Tuesday, September 2, 2014

Penduduk Indonesia Akan Segera Capai 350 Juta Jiwa

Penduduk Indonesia saat ini mencapai sekitar 250 juta jiwa. Menurut Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, bukan tak mungkin penduduk Indonesia dapat menembus 300 juta hingga 350 juta jiwa.

"Pertambahan jumlah penduduk membutuhkan makanan, pangan yang dihasilkan oleh kementerian-kementerian yang membawahi pertanian, kelautan, dan kehutanan. Masalah pangan jadi hal paling pokok," kata pria yang akrab disapa CT itu pada acara Pembukaan Rakor Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Selasa (2/9/2014).

Lebih lanjut, CT mengungkapkan, permasalahan pangan menjadi masalah yang penting karena jumlah penduduk Indonesia yang besar dan semakin bertambah. Ia menyebut, penduduk Indonesia setiap tahun tumbuh 1,6 persen atau setara 4 juta orang. Ini, kata dia, sama seperti penduduk negara seukuran Singapura.

"Kan harus dikasih makan. Kita harus bisa menyiapkan makanan. Kalau kita tidak mampu terpaksa impor," ungkap CT.  Oleh karena itu, CT menyatakan ketahanan pangan menjadi hal yang sangat penting. Masalah pertanian, kehutanan, perikanan, dan kelautan diakui CT merupakan masalah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tantangan harga komoditas pangan karena demand dan supplyberubah, akan naik terus-menerus. Ini sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita hindari," ujar dia.  Selain itu, konversi lahan pertanian juga terjadi secara terus-menerus. Sehingga, sebut CT, tidak ada pilihan lain kecuali lahan yang semakin lama semakin sedikit tersebut ditingkatkan produktivitasnya.

No comments:

Post a Comment