Wednesday, September 24, 2014

Daftar Bank Paling Kaya Di Dunia

Banyak cara yang digunakan untuk menilai institusi perbankan. Salah satunya dengan menilai total aset bank yang dapat dikonversikan menjadi kekayaan. Perusahaan pun terbuka dalam hal penilaian terhadap kekayaan mereka, yang diperoleh dari kapitalisasi pasarnya.

Berdasarkan kapitalisasi pasar inilah, situs TheRichest.com menyusun peringkat bank-bank terbesar di dunia. Berikut daftarnya:

1. Wells Fargo
Bank asal AS ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 261,72 miliar dollar AS. Wells Fargo adalah sebuah bank multinasional sekaligus penyedia layanan jasa keuangan dan perusahaan indukdengan cabang dan aset yang tersebar di seluruh dunia. Berkat kapitalisasi pasar yang mencapai 261,72 miliar dollar AS tersebut, Wells Fargo tak hanya menjadi bank terbesar di AS, tetapi juga di dunia.

2. JP Morgan Chase
Bank yang juga berasal dari AS ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 229,90 miliar dollar AS. JP Morgan Chase adalah konglomerasi AS yang lahir dari merger antara Chase Manhattan Corporation dan JP Morgan & Co pada tahun 2000. JP Morgan Chase menangani investasi, aset, dan wealth management, sementara Chase menangani kartu kredit dan perbankan ritel. Bila dihitung berdasarkan aset, JP Morgan Chase adalah bank terbesar di AS dengan aset 2.476,99 triliun dollar AS dan terbesar keenam di dunia. Namun, bila dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar, JP Morgan Chase berada di posisi kedua.

3. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC)
Bank asal Tiongkok ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 196,21 miliar dollar AS. ICBC adalah bank komersial terbesar Tiongkok dengan total aset mencapai 3,1 triliun dollar AS pada 2014. Sejak mencetak rekor saat IPO, bank ini terus menggenjot asetnya. Adapun pada tahun 2013 lalu, laba ICBC tercatat sebesar 42,3 miliar dollar AS.

4. HSBC Holdings
Bank Inggris yang berkedudukan di London ini memiliki kapitalisasi pasar hingga 191,43 miliar dollar AS. HSBC Holdings adalah bank dengan beragam usaha yang menjadikannya bank terbesar kedua di dunia. HSBC memiliki setidaknya 125 juta nasabah di 7.000 kantor cabang di seluruh dunia. Tak mengherankan, bank ini dilaporkan memiliki aset mencapai 2,671 triliun dollar AS.

5. Bank of America
Bank of America, yang berpusat di Charlotte, North Carolina, memiliki kapitalisasi pasar mencapai 181,77 miliar dollar AS. Ini adalah bank terbesar kedua di AS bila dihitung dari total aset, dan merupakan korporasi terbesar ke-21 di AS bila dihitung dari total pendapatan. Meski demikian, bank ini beberapa kali tersandung kontroversi, antara lain karena masalah kredit rumah yang ikut mendorong terjadinya krisis finansial tahun 2008.

No comments:

Post a Comment