Friday, September 5, 2014

Indomaret Membantah Menjual Bitcoin

Manajemen PT Indomarco Prismatama, pemilik waralaba retail Indomaret, membantah telah bekerja sama untuk menjual Bitcoin. Sekretaris Perusahaan Indomarco Prismatama Nenny Kristyawati mengatakan tidak ada program penjualan Bitcoin di semua gerai Indomaret. "Karena tidak bekerja sama, tentu tidak ada program penjualan," kata dia Jumat, 5 September 2014.

Menurut Nenny, Indomaret hanya bekerja sama dengan iPaymu, penyedia layanan pembayaran elektronik. Namun, kerja sama ini tidak menyertakan penjualan Bitcoin. Hingga saat ini, kata Nenny, manajemen Indomaret tidak mengetahui tata cara pembelian Bitcoin, baik di gerainya maupun melalui iPaymu.

Sebelumnya, Bitcoin Indonesia, penyedia mata uang virtual Bitcoin, mengumumkan telah menggandeng Indomaret untuk penjualan mata uang virtual tersebut. Menurut Kepala Eksekutif Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan, peminat Bitcoin bisa membeli melalui iPaymu.com yang bekerja sama dengan Indomaret. "Setelah bekerja sama dengan iPaymu, peminat Bitcoin bisa membelinya di 10 ribu gerai Indomaret.

Untuk mendapatkan Bitcoin melalui cara ini, peminat harus membuka akun di situs bitcoin.co.id. Setelah itu, kata dia, pilih opsi top-up rupiah via Indomaret dan ikuti intruksi berikutnya. Setelah mendaftar secara online, calon pembeli bisa mendatangi gerai Indomaret untuk membayar tagihan. "Secara tidak langsung, peminat Bitcoin seolah-olah bisa membelinya di Indomaret," ujar Oscar.

Bitcoin Indonesia, penyedia mata uang virtual Bitcoin, berupaya memperluas pemasaran denganmenggandeng toko retail. Kini peminat Bitcoin bisa membeli melalui situs pembayaran iPaymu yang bekerja sama dengan jaringan retail Indomaret.

Untuk membuktikan layanan ini, saat mendatangi gerai Indomaret Point di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, pada Jumat, 5 September 2014.mengkonfirmasi rencana pembayaran tagihan voucher Bitcoin. Namun, petugas kasir bernama Ardiansyah yang saat itu melayani mengaku tidak tahu.

Dia bahkan meminta mengeja kata Bitcoin sebelum kemudian mengeceknya di komputer. "Maaf, kami belum diberikan informasi mengenai penjualan Bitcoin," kata dia. "Mungkin itu di gerai Indomaret lainnya bisa," ujar Ardiansyah menambahkan.

Dari Indomaret Point Bulungan, meluncur ke gerai di Jalan K.H. Ahmad Dahlan. Sama dengan sebelumya, Noor Sahli, penanggung jawab gerai Indomaret tersebut, mengatakan belum mengetahui soal kerja sama penjualan Bitcoin. Melalui layar ponsel, pun menunjukkan laman situs yang memuat tata cara pembelian Bitcoin melalui Indomaret. Lagi-lagi Noor mengaku tidak tahu dan tampak bingung.

Noor pun menelepon pusat panggilan Indomaret untuk menanyakan perihal penjualan Bitcoin. "Saya hubungkan Anda dengan bagian virtual," ujarnya. pun menjelaskan perihal Bitcoin kepada petugas wanita yang menerima telepon. Setelah menunggu beberapa saat, petugas yang enggan menyebutkan namanya itu mengaku tidak tahu. "Maaf, sepertinya Bitcoin adalah produk kerja sama baru yang belum disosialisasikan pada karyawan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Eksekutif Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan setelah bekerja sama dengan iPaymu, peminat Bitcoin bisa membelinya di 10 ribu gerai Indomaret. Untuk mendapatkan Bitcoin melalui cara ini, peminat harus membuka akun di situs. Setelah itu, kata dia, pilih opsi top-up rupiah via Indomaret dan ikuti intruksi berikutnya. Setelah mendaftar secara online, calon pembeli bisa mendatangi gerai Indomaret untuk membayar tagihan. "Secara tidak langsung, peminat Bitcoin seolah-olah bisa membelinya di Indomaret," ujar Oscar.

No comments:

Post a Comment