Wednesday, September 3, 2014

Pesta Rumah Rakyat Dimulai 3-7 September 2014 Di JCC Hall A Senayan

-Kebutuhan rumah atau hunian menjadi hak semua orang, namun banyak yang mengeluh karena harganya yang selangit. Bagi Anda yang bergaji kurang dari Rp 4 juta berpeluang bisa punya rumah dengan cara mencicil. Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menggelar pameran rumah murah yang bertajuk Pesta Rumah Rakyat mulai 3-7 September 2014 di Hall A, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Deputi Pembiayaan Perumahan Kemenpera Sri Hartoyo mengatakan pameran ini merupakan angin segar untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin memiliki rumah. "Rata-rata konsumen ini yang beli berpenghasilan Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta per bulan," kata Sri saat ditemui di acara pembukaan Pesta Rumah Rakyat, di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Rumah-rumah yang dijual mendapatkan subsidi bunga dari pemerintah. Skema pembiayaannya disebut FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Yang berarti konsumen akan mendapatkan bunga cicilan tetap 7,25% dengan jangka waktu kredit 15-20 tahun.

Harga rumah FLPP pun dipatok maksimal sebesar Rp 120 juta untuk wilayah Bodetabek. Dari pengamatan, harga rumah berkisar antara Rp 98 juta sampai Rp 120 juta dengan cicilan per bulan rata-rata Rp 800.000-900.000.

Sesuai aturan pemerintah, masyarakat yang punya penghasilan di atas Rp 4 juta tidak diperbolehkan untuk membeli rumah dengan skema ini. Yang boleh membeli rumah dengan skema FLPP adalah masyarakat berpenghasilan rendah yaitu di bawah Rp 4 juta. "Kalau yang di atas Rp 4 juta terpaksa harus non FLPP," tutup Sri.

No comments:

Post a Comment