Monday, August 4, 2014

Bisnis Sepuh Emas Kembali Laris Manis

Jasa menyepuh emas atau melapisi perhiasan lama dengan emas bisa jadi solusi untuk tetap bergaya di hari Lebaran nanti. Seorang pemilik toko perhiasan "Hikmah" di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Zulkarnain mengatakan semakin banyak masyarakat yang meminta jasa semprot emasnya.

"Kalau hari biasa cuma ada satu sampai tiga orang yang minta disepuhkan, sekarang bisa tiga sampai sepuluh orang," kata Zulkarnain, Kamis, 17 Juli 2014. Menurut dia, menyepuh emas lebih ekonomis ketimbang membeli perhiasan baru.

Zulkarnaen menerima jasa sepuh segala jenis perhiasan, seperti cincin, gelang, dan kalung dengan waktu kerja selama tiga hari. Untuk biaya, toko ini mematok tarif minimal Rp 10 ribu untuk sebuah cincin. "Untuk perhiasan yang lain bisa diomongin lagi," katanya.

Zulkarnain menjamin tidak memakai cairan emas palsu ketika menyepuh. Mengenai ketahanan lapisan, Zulkarnain menjelaskan akan lebih awet kalau sering digosok. Zulkarnain tidak mengajurkan membiarkan emas terkena panas dan debu.

Sutina, 45 tahun, mengaku memilih menyepuh karena hemat. Ketika itu Sutina ingin menyepuh satu cincin dan dua gelangnya. "Ini buat dipakai Lebaran nanti," ujarnya sambil tersenyum. Sutina akan mudik ke Garut, Jawa Barat

No comments:

Post a Comment